Tes CPNS Belum Jelas

H RA Denni SH MM
H RA Denni SH MM

CURUP, Bengkulu Ekspress – Meskipun sebelumnya Sekda Kabupaten Rejang Lebong menyampaikan bahwa pengumunan pelaksanaan CPNS pada Juli 2018 lalu. Namun hingga saat ini pelaksanaan tes CPNS sendiri belum jelas.

“Hingga saat ini kita masih menunggu pengumuman lebih lanjut mengenai tes CPNS,” sampai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rejang Lebong, H RA Denni SH MM.

Hanya saja menurut Sekda, beberapa waktu lalu ia telah mengikuti rapat koordinasi terkait dengan pelaksanaan penerimaan CPNS yang dilakukan BKN Palembang di Kota Bandung. Hanya saja dalam Rakor tersebut pihaknya tidak membahas waktu pelaksanaan CPNS sendiri, melainkan hanya membahas teknis pelaksanaannya.

Dimana menurut Sekda, dalam pelaksanaan CPNS sendiri, nantinya semuanya akan dilaksanakan secara online dengan sistem aplikasi, bahkan untuk pelaksanaan tes sendiri akan dilaksanakan melalui CAT. Hanya saja menurut Sekda untuk pelaksanaan tes sendiri belum bisa dipastikan apakah akan tetap dilaksanakan di Rejang Lebong yaitu di IAIN Curup atau bahkan dilaksanakan di Bengkulu yaitu di UPT BKN Bengkulu.”Untuk lokasi pelaksanaan juga belum bisa dipastikan apakah bisa di Curup ini atau harus di UPT BKN Bengkulu,” tambahnya.

Di sisi lain, Sekda juga menyampaikan berdasarkan informasi yang ia terima, ada tiga kategori yang akan diprioritaskan dalam penerimaan CPNS tahun 2018 ini, yaitu untuk tenaga guru, tenaga kesehatan dan jalur khusus. Untuk jalur khusus sendiri menurut Sekda bisa khusus untuk mereka yang tinggal diwilayah timur Indonesia dan khusus untuk mereka yang berprestasi seperti atlet dan lainnya.

“untuk jalur khusus ini sendiri, kita juga belum tahu mekanismenya nanti seperti apa, karena memang di Rejang Lebong ada beberapa atlet yang beprestasi,” sampai Sekda.Lebih lanjut Sekda menjelaskan, belum jelasnya pelaksanaan CPNS di Kabupaten Rejang Lebong, karena adanya penggantian Menteri PAN-RB belum lama ini. Meskipun ada penggantian menteri, namun menurut Sekda Kemenpan RB masih akan tetap melaksanakan penerimaan CPNS.

“Memang belum bisa diumumkannya pelaksanaan tes CPNS karena adanya pergantian menteri, namun dari keterangan Menpan yang baru pelaksanaan CPNS akan segera diproses,” demikian Sekda.(251)