Tes CPNS Belum Dijadwalkan

ke BKN
IST/Bengkulu Ekspress
KUNKER: Komisi 1 DPRD Bengkulu Selatan saat menggelar kunjungan kerja (kunker) Ke BKN, Selasa (28/8).

BKN Masih Lakukan Anjab ABK

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Ketua Komisi 1 DPRD Bengkulu Selatan (BS), Dodi Martian S Hut MM mengimbau para pencari kerja tidak terpaya terhadap pelaksanaan tes CPNS, khususnya di Bengkulu Selatan. Pasalnya, hingga saat ini belum ada informasi resmi yang dikeluarkan oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN) dan KemenPAN RB.

“Jika selama ini ada yang mengatakan Bengkulu Selatan segera menggelar tes CPNS itu hoax jangan dipercaya,” katanya.

Dodi mengatakan hal tersebut diketahuinya saat komisi 1 menggelar kunjungan kerja (Kunker) ke BKN, Selasa (28/8). Dari keterangan pihak BKN, hingga saat ini belum ada kepastian pelaksanaan tes CPNS tersebut. Pasalnya pihak BKN masih melakukan kajian anjab ABK, jumlah pegawai yang memasuki Batas Usia pensiun (BUP), rasio belanja pegawai terhadap APBN/APBD.

Kemudian kajian tersebut disampaikan ke KemenPAN RB untuk menentukan formasi. “ Untuk jelasnya kita tunggu pengumuman resmina dari BKN apakah nanti Bengkulu Selatan akan bisa menggelar tes CPNS atau tidak,” ujarnya.

Oleh karena itu, Dodi mengimbau warga Bengkulu Selatan  untuk tidak resah dengan adanya informasi yang sudah menyebar selama ini, terlebih lagi sebelumnya informasi tersebut mengatakan pendaftaran CPNS dibuka akhir Agustus ini. Apa lagi menitipkan uang kepada seseorang yang mengaku mampu meluluskan anaknya menjadi CPNS.

“ Kita semua berharap ada tes CPNS, namun jangan sampai menjualkan harta benda untuk modal tes CPNS hingga uang hasil pejualan diserahkan pada seseorang, sebab dikhawatikan tes CPNS gagal dan kalaupun tes ada namun kita tidak lulus, uang sudah terlanjur diberikan,” beber Dodi.

Penjabat Sekda Bengkulu Selatan, Drs Yulian Fauzi MAP mengatakan, saat ini Pemda Bengkulu Selatan sudah mengusulkan ke Pemerintah pusat agar Bengkulu Selatan  dipercaya menggelar tes CPNS tahun ini. Bahkan Bengkulu Selatan sudah menyiapkan anggaran penyelenggaraan tes CNPS.



Adapun formasi tes CPNS yang diusulkan, sambung Yulian ada 461 formasi dengan rincian 52 tenaga kesehatan, 195 tenaga teknis lainnya dan 214 tenaga pendidikan. Sehingga dirinya berharap KemenPAN RB dapat menyetujui Bengkulu Selatan  sebagai salah satu daerah yang bisa menggelar tes CPNS pada tahun ini.

“ Usulan sudah kita sampaikan, semoga disetujui KemenPAN RB, sehingga Bengkulu Selatan bisa menggelar tes CPNS tahun ini,” Harap Yulian. (369)