Terus Meningkat, Satgas Covid-19 Seluma Diminta Tegas

TAIS, bengkuluekspress.com – Penyebaran Covid 19 di Kabupaten Seluma terus menunjukkan peningkatan. Setelah klaster sekretariat Pemda Seluma, terbaru adalah salah seorang kepala dinas di lingkungan Pemda Seluma sudah terkonfirmasi Covid-19. Sehingga Satgas Covid 19 diminta untuk bertindak tegas guna memutus mata rantai penyebaran covid-19 di lingkungan Pemda Seluma dan perkantoran.

Sementara itu, Dandim 0425/Seluma Letkol Czi Agus Martahan Limbong ST MTr kepada BE menegaskan jika penambahan terkonfirmasi Covid-19 memang ada penambahan di sekretariat Pemda Seluma terbaru adalah kepala OPD ditambah lagi dengan peraturan Bupati sudah ada terkait penegakan disiplin.

“Harus ada implementasi dari perda serta protokol kesehatan juga harus di implementasikan,” tegasnya.

Dijelaskan Dandim, jika terus menunggu maka dipastikan penyebaran covid-19 terus bertambah ditambah lagi dengan lemahnya penerapan serta sangsi disiplin bagi pelanggar. Menurutnya, Bupati sebagai ketua satgas harus sudah mulai melaksanakan operasi penegakan disiplin tersebut serta mensosialisasikan penggunaan masker serta jaga jarak dan mencuci tangan selalu. Terpenting lagi, langkah mensosialisasikan 4M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan) dan juga menyampaikan kepada khususnya pejabat/personil yang bekerja di pemerintahan apabila melaksanakan kegiatan diluar dan berhubungan langsung dengan orang yang berada di daerah yang menjadi penyebaran covid dengan sadar diri melaksanakan Rapid test atau swab sebelum kembali bertugas ditempatnya.

“Saat ini tidak ada kata telat untuk memulai mencegah ini. Lebih baik bersama sama kita terapkan protokol kesehatan,”ujarnya.

Terkait dengan yang terjadi dilingkungan pemda saat ini. Bisa saja terjadi karena ketidakterbukaannya dari masing2 personil yg mungkin sudah kontak dgn orang yg diduga susah terpapar covid. Bisa saja yang terjadi saat ini pada saat menghadiri rapat, undangan, hajatan dan lain lain.

Tak jauh berbeda, Kapolres Seluma AKBP Swittanto Prasetyo SIK kepada BE juga mengadakan jika pemerintah kabupaten Seluma harus benar benar menerapkan protokol kesehatan. Serta yang sudah berkontak erat harus patuh untuk isolasi mandiri dan terpenting bisa melapor untuk di lakukan sweb.

“Intinya koperatif saja jika orang terdekatnya terkonfirmasi Covid-19 dan langsung lakukan sweb agar tidak menular lagi ataupun WFH untuk beberapa hari kedepan khusus yang lingkungan sekretariat,”ujarnya tegas. (jef)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*