Tertibkan Truk Pengangkut Sawit

IST/Bengkulu Ekspress
TERTIBKAN: Jajaran Satlantas Polres Kaur saat melakukan penertiban truk sawit yang melintas di jalan raya Kecamatan Kaur Selatan, Senin (20/1).

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress– Banyaknya truk pengangkut Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit yang kerap over tonase tanpa menggunakan jaring pengaman, kini banyak bebas melintas di jalan raya Kabupaten Kaur dan berpotensi menimbulkan bahaya bagi orang lain. Menyikapi hal ini, jajaran Sat Lantas Polres Kaur mulai melakukan penertiban truk pengangkut buah sawit yang melintasi jalan raya, kemarin (20/1).

“Ya untuk truk yang membawa buah sawit tidak menggunakan jaring dan melebihi muatan kita berikan teguran, karena ini membahayakan pengendara lain,” kata Kapolres Kaur, AKBP Arief Hidayat SIK melalui Kasat Lantas, Iptu Agus Antoni SH, kemarin (20/1).

Dikatakannya, memang seharusnya truk sawit ini memasang jaring untuk antisipasi tumpah. Apalagi beberapa truk sawit yang bermuatan melewati batas dinding mobil. Dimana idealnya truk pengangkut TBS sawit menggunakan jaring sebagai pengaman di atasnya, muatannya sesuai standar sehingga tidak membahayakan bagi pengendara lain.
“Mulai saat ini jangan ada lagi truk yang melebihi muatan dan harus menggunakan jaring, sehingga tidak membahayakan pengendara lain,” imbaunya.

Ditambahkannya, untuk memberikan efek jera para sopir truk yang masih saja membandel, pihaknya akan menilang para pengemudi truk tersebut. Selain menertibkan truk pengangkut TBS kelapa sawit yang nakal pengendara kendaraan lain juga akan ikut ditertibkan baik sepeda motor maupun mobil yang melanggar lalu lintas. Sebab masih banyak para pengendara yang tidak melengkapi surat-surat kendaraan, dan juga untuk menekan angka kecelakaan di wilayah hukum Kaur.“Untuk operasi rutin kita terus gelar dan untuk lebih menekan lagi angka kecelakaan,” ujarnya.

Ditambahkannya, saat ini masih banyak masyarakat Kaur yang belum sadar pentingnya tertib berlalu lintas, seperti tak memakai helm, bahkan para pelajar yang belum mempunyai SIM. Untuk itu, kedepan pihaknya akan gencar melakukan razia guna memberikan kesadaran pada masyarakat agar patuh berkendara agar bisa mengurangi laka lalu lintas.“Razia rutin ini akan terus kita tingkatkan lagi, dengan harapan tingkat kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas meningkat dan jumlah kecelakaan menurun,” harapnya.(618)