Tertibkan Ternak Berkeliaran

MUKOMUKO, BE – Ternak di Mukomuko yang masih berkeliaran bebas sering menimbulkan persoalan. Ironisnya sejauh ini belum ada penanganan maksimal dari instansi terkait untuk menertibkan hewan itu. Tidak hanya berkeliaran di jalanan, ternak itu berkeliaran di halaman kompleks perkantoran.

Kondisi ini menjadi dilematis karena awal tahun 2013 mendatang Mukomuko menjadi tuan rumah Pekan Daerah (PeDa) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Se Provinsi Bengkulu. “Pemda Mukomuko melalui SKPD terkait wajib menertibkan hewan ternak sedini mungkin. Malu daerah kita jika para tamu banyak yang berkunjung , tetapi hewan ternak tidak segera diatasi atau ditertibkan,” kata Erimas Juliadi SP tokoh pemuda sekaligus anggota Karang Taruna Kabupaten.

Selain itu, Pemkab mesti melakukan persiapan maksimal menyambut event itu. Sehingga pada saat  hari H tidak lagi ada persoalan yang berarti. “Sebagai tuan rumah, semuanya harus dilakukan persiapan demi persiapan dengan matang,” harapnya.

Sementara itu Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan, Pertanian dan Ketahanan Pangan (BP2KP) Pemkab Mukomuko, Junaidi SP mengatakan untuk persiapan event itu sudah mulai dilaksanakan. Khusus untuk lokasi tidak ada masalah lagi selain ada lokasi khusus, disetiap halaman perkantoran akan ditanami berbagai tanaman pangan. Terkait hewan ternak yang berkeliaran bebas, diharapkan SKPD terkait bisa menindak lanjuti persoalan itu.”Ternak yang berkeliaran bebas akan menjadi masalah salah satunya  tanaman akan dirusak atau dimakan oleh hewan ternak seperti sapi, kambing yang masih berkeliaran,” tukas Junaidi. (900)