Tertibkan PKL, Dispar BU Keluarkan SE

APRIZAL/BE
Tertanggal 1 September 2021, Dispar BU keluarkan SE penertiban bagi para pedagang kaki lima yanhg berjualan di Alun-Alun Rajo Malim Paduko Kota Arga Makmur.

ARGA MAKMUR,bengkuluekspress.com – Dalam upaya menjaga kebersihan dan keindahan Kota Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara (BU), Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten BU mengeluarkan surat edaran penertiban kepada para pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di areal Alun-Alun Rajo Malim Paduko. Surat Edaran (SE) penertiban tersebut dikeluarkan tertanggal 1 September 2021.
Kepala Dispar BU, Kardo Manurung melalui Sekretaris Dispar Nyoman Karwiyanto saat di konfrimasi BE, Sabtu (4/9) mengatakan, bahwa surat ederan penertiban bagi para pedagang kaki lima tersebut dikeluarkan dalam rangka mendukung program Bupati BU di bidang kebersihan, keindahan kerapian dan religius. Dimana dalam surat edaran tersebut diimbau kepada para pedagang kaki lima untuk dapat membersihkan dan memindahkan barang dan tempat atau gerobak jualan mereka pascah berjualan.
“Ya, surat edaran tersebut kita keluarkan tertanggal 1 September 2021 lalu dan sudah beritahukan secara presuasif kepada semua para pedagang yang berjulan disana,”kata Nyoman.

Ditambahkannya, bahwa surat edaran penertiban ini bukan melarang para pedagang berjualan, namun surat ederan tersebut diminta kepada para pedagang untuk membawa gerobak atau tempat dagangan mereka setelah usai berjualan. Hal ini agar Alun-Alun Rajo Malim Paduko tetap kelihatan bersih dan indah.
“Surat edaran ini bukan melarang pedagang berjualan, akan tetapi para pedagang diminta untuk membawa tempatbatau gerobak jualan mereka setelah berjualan,”ungkapnya.

Lebih lanjut Nyoman menuturkan, di hari keempat pasca dikeluarkan surat edaran tersebut, meski para pedagang telah mengindahkan surat edaran tersebut. Namun masih ada beberapa para pedagang yang tidak mengindahkan surat edaran yang telah dikeluarkan oleh pihak Dispar.
“Kita lihat dalam 3 hari kedepan, bila masih ada pedagang yang membandel, kita bersama pihak Satpol PP akan melakukan penertiban terhadap pedagang yang membandel,”tandasnya.(127)