Terserang HTR Bawa ke Puskesmas


anjing_rabies_liar
Foto : IST

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Bagi masyarakat Kaur yang berada di wilayah Padang Guci khususnya dan umumnya di sejumlah wilayah Kabupaten Kaur, diminta untuk segera mendatangi Puskesmas bila terserang gigitan Hewan Tersangka Rabies (HTR), misalnya anjing dan kucing.

“Juga kepada warga yang terserang sengatan ular, diharapkan secepatnya dirujuk ke Puskesmas untuk mendapatkan pengobatan,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaur, Azwar SSos beberapa hari lalu.

Dikatakannya, untuk saat ini 16 Puskemas yang menyebar di 15 kecamatan wilayah Kabupaten Kaur, rata-rata sudah menyediakan Anti Bisa Ular (ABU) untuk mengobatasi bisa ular serta Vaksin Anti Rabies (VAR) untuk gigitan anjing atau kucing yang positif merupakan HTR. Dengan demikian, bila ada warga terserang gigitan HTR dan ular, segera bawa ke Puskesmas setempat.

“Masing-masing Puskesmas sudah ada ABU dan VAR, kalaupun stok kosong secepatnya dapat mengambil ke gudang Dinkes, jangan dibiarkan berlarut-larut, dapat membawa kematian,” terangnya.

Ditambahkannya, sepajang tahun ini memang belum terlalu banyak warga yang terserang HTR begitu juga warga yang dipatok ular. Meski begitu, vaksin yang tersedia tetap mencukupi hingga penghujung tahun. Bahkan bila memang mengalami kekurangan, dapat kembali mengajukan permintaan ke Dinkes Provinsi Bengkulu.  “Stok VAR kita sudah menipis, dan ini sudah kita usulkan ke pihak Dinkes Provinsi. Untuk stok ABU kita masih sangat cukup,” jelasnya.(618)