Tersangka Begal juga Gelapkan Handtraktor

Ary, Begal Mobil (2)
foto:ist

SELUMA TIMUR, Bengkulu Ekspress – Satu dari tiga tersangka begal motor yang diamankan Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Seluma, merupakan perangkat desa yang juga terlibat penggelapan handtraktor bantuan Dinas Pertanian Kabupaten Seluma. Yakni tersangka berinisial JU (47), warga Desa Dusun Baru Kecamatan Ilir Talo.

“Untuk satu unit hentraktor sudah kita amankan guna penyidikan lebih lanjut dan tersangka juga sudah mengakuinya,” ujar Kapolres Seluma AKBP Jeki Rahmad Mestika SIK melalui Kasat Reskrim AKP Rizka Fadhila kepada Bengkulu Ekspress kemarin (25/7).

Dari keterangan perangkat desa sekaligus ketua kelompok tani ini, handtraktor tersebut sudah dijual seharga Rp 7 juta. Sejauh ini penadah barang penggelapan itu masih dalam pengejaran tim Sat Reskrim Polres Seluma.

Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Seluma Ir Marven Siswadi menuturkan, dirinya belum mengetahui adanya penggelapan handtraktor yang dibagikan kepada kelompok tani. Untuk memastikannya masalah itu segera ditindaklanjuti ke kelompok tani penerima handtraktor yang sudah dibagikan pada 2017 tersebut.



“Jika memang digelapkan silahkan diproses secara hukum. Sejauh ini belum ada kelompok tani yang mengeluh akan apa yang dilakukan sesama anggota kelompok tani,” ujarnya.

Kedepan Dinas Pertanian memperketat verifikasi usulan proposal bagi penerima handtraktor, agar hal serupa tidak lagi terjadi, serta agar anggota kelompok tani tidak di rugikan atas penggelapan yang terjadi seperti hal tersebut.“Kita tetap melakukan verifikasi kepada bakal penerima bantuan hentraktor dan bantuan lainnya agar tidak terjadi penyimpangan seperti yang terjadi saat ini,”ujarnya.

Diketahui, JU berhasil diringkus Sat Reskrim Polres Seluma dalam sejumlah aksi pembegalan dengan kekerasan di wilayah hukum Polres Seluma. Tersangka sendiri berhasil di tangkap di kediamannya bersamaan dengan anak tersangka yang juga komplotan kasus pembegalan sadis. (333)