Terobos Razia, Mobnas Ditangkap

Lebong
AMANKAN : Kasat Lantas Polres Lebong menunjukkan kendaraan dinas yang diamankan karena nekat menerobos saat razia operasi patuh yang digelar Satlantas Polres Lebong.

TUBEI, Bengkulu Ekspress – Kesadaran dalam pengelolaan dan pemeliharaan barang milik negara di Kabupaten Lebong masih sangat rendah. Seperti Jumat (19/5) lalu, mobil kendaraan dinas PDT Desa Ketenong Jaya Kecamatan Pinang Belapis, terjaring operasi patuh di Jalan raya Kelurahan Tanjung Agung.

Mobnas Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) jenis L-300 BD 9045 HY yang dikemudikan Kepala Desa (Kades) Ketenong Jaya, Hendri tidak bisa menunjukkan SIM, oleh Satlantas Polres Lebong langsung mengeluarkan surat tilang dan mengamankan mobnas tersebut.

Parahnya lagi saat dicek STNK mobnas, ternyata pajak sudah mati. Tidak hanya itu, melalui operasi patuh yang berlangsung hingga 22 Mei tersebut, Satlantas berhasil menangkap nobnas milik Pemkab Lebong yang diduga beberapa waktu sebelumnya pernah menerobos petugas satlantas saat menggelar razia.

Kapolres Lebong, AKBP Andree Ghama Putra SH SIK melalui Kasat Lantas, AKP Made Indra Wijaya, membenarkan telah mengamankan mobnas PDT milik Desa Ketenong Jaya lantaran Kades yang mengendari mobnas tidak memiliki SIM dan pajak mobnas sudah mati.

“Kita akan menindak tegas semua kendaraan yang tidak patuh dengan aturan lalulintas, tidak hanya kendaraan pribadi milik masyarakat, namun kendaraan dinas milik pemerintah kita tindak jika tidak memenuhi kelengkapan sebagaimana yang ditentukan,” tegas Made.

Lebih jauh dijelaskan Made, selain ratusan kendaran umum baik roda dua (R2) maupun roda empat (R4) yang terjaring pelanggaran lalulintas dalam operasi patuh tahun ini, sejumlah kendaraan dengan nota bene plat merahpun berhasil di tilang lantaran melanggar petunjuk tertib berlalulintas. Bahkan pihaknya melalui operasi patuh kali ini, berhasil menangkap dan mengamankan satu unit mobil Dinas milik Pemkab Lebong, yang belum lama ini sempat lolos lantaran nekat menerobos petugas saat menggelar Razia.

“Selain mobnas PDT, kita juga berhasil mengamankan Mobnas milik Pemda Lebong, jenis Strada yang beberapa waktu lalu pernah kita kejar lantaran nekat menerobos petugas sedang razia. Saat ini Mobnas tersebut sudah kita tilang dan diamankan di Mapolres Lebong,” demikian Kasatlantas.(777)