Terkait Dana Pilkades, DPMD BS Konsultasi ke BPKP

Hamdan Syarbaini SSos

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bengkulu Selatan (BS), Hamdan Syarbaini SSos mengatakan pada tahun 2021 mendatang akan digelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 127 desa se BS. Hanya saja kepastiannya masih menunggu anggaran disetujui di APBD BS 2021. Mengingat dana Pilkades yang diusulkan hingga Rp 3 Miliar. Agar tidak salah dalam penggunaan anggaran tersebut, pihaknya berkoordinasi dengan BPKP.

“Kita koordinasikan dengan BPKP, jangan sampai nanti menjadi temuan,” katanya.

Dikatakan Hamdan, dengan koordinasi tersebut apakah nanti dana tersebut bosa dihibahkan ke panitia atau tidak. Kemudian apakah nanti dana desa bisa digunakan untuk pilkades minimal untuk biaya konsumsi atau perlengkapan.

“Mengingat dana pilkades besar, apakah nati sebagian bisa dibiayai dari dana desa, sehingga kita koordinasikan juga dengan BPKP,” ujarnya.

Sebab sambung Hamdan, dana estimasi Rp 10 juta perdesa yang diusulkan melalui APBD BS 2021 dinilainya masih sangat kurang. Sehingga diharapkan bisa dibantu melalui DD. Dengan begitu panitia bisa lebih ringan dan tidak membebani para calon kepala desa.

“Harapannya bisa ditambah dari DD, namun kita perlu kepastiannya apakah boleh atau tidak, sehingga akan kita ketahui dari hasil koordinasi dengan BPKP nanti,” terang Hamdan. (369)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*