Terima 3 Bantuan Mesin Panen Jagung

ASRI/Bengkulu Ekspress SIAP: Mesin panen jagung bantuan pemerintah pusat ini siap diserahkan kepada petani saat jagungnya panen.

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress– Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani di Bengkulu Selatan (BS), pemda Bengkulu Selatan melalui dinas pertanian terus mengupayakan adanya bantuan alat mesin pertanian (Alsintan). Terbaru, distan Bengkulu Selatan mendapat bantuan mesin panen dari kementerian pertanian.

“ Saat ini kita mendapat 3 unit bantuan mesin panen jagung,” kata kepala Dinas Pertanian Bengkulu Selatan, Sukarni SP MM melalui Kabid Tanaman Pangan, Ir Trisman Msi.

Trisman mengatakan, bantuan mesin tersebut baru tiba beberapa waktu lalu, saat ini mulai dirakit. Sehingga dalam waktu dekat dapat segera digunakan. Dengan begitu, bagi warga yang ingin memanen jagung menggunakan mesin tersebut dapat mengajukan permohonan ke distan. “ Siapapun petani yang mau menggunakan silahkan hubungi kami,” ujarnya.



Trisman menambahkan, dengan adanya mesin tersebut dapat mempercepat petani memanen jagung. Sebab selama ini dengan cara manual waktu yang digunakan relatif lama.Namun dengan adanya mesin tersebut, dapat selesai dipanen dalam waktu hanya 6 jam setiap hektar. Sebab kecepatannya hingga 2 km perjam. “ Dengan mesin ini, panen lebih cepat,” imbuhnya.

Trisman menjelaskan, dengan adanya bantuan tersebut, maka diharapkan petani jagung di Bengkulu Selatan lebih semangat lagi, dan petani lainnya dapat memanfaatkan lahannya untuk ditanami jagung.Pasalnya saat ini selain mesin panen, juga sudah ada bantuan mesin pipil jagung atau mesin untuk melepas biji jagung dari bongkolnya. Dengan begitu, petani bisa lebih cepat saat panen dan merontokan biji jagungnya “ Kami berharap ke depan luas areal jagung di Bengkulu Selatan bertambah, sehingga Bengkulu Selatan bisa menjadi salah satu lumbung jagung di provinsi Bengkulu,” harap Trisman. (369)