Tergerus Sungai, Jalan ke Pantai Mangkudum Terancam

TERANCAM: jalan ke pantai mengkudum terancam putus akibat tergerus sungai Pino.

PINO RAYA, bengkuluekspress.com – Akibat selalu tergerus oleh air sungai Pino, saat ini akses jalan lintas Pantai Mangkudum Desa Pasar Pasar Pino, Pino Raya, terancam putus. Sebab di pinggir jalan sebagian sudah amblasm sehingga kendaraan saat ini harus berhati-hati jika kendak ke pantai mengkudum.

“Sudah beberapa bulan terakhir ini ditambah saat ini hujan terus turnlin, sehingga tanah di pinggir jalan semakin tergerus,” kata Tahirudin, tokoh masyarakat desa setempat.

Dikatakan Tahirudin, badan jalan yang terancam amblas, sebab di dipinggirnya sudah terkikis oleh luapan sungai Pino sepanjang 50 meter. Saat ini jarak badan jalan dengan pinggir sungai hanya tersisa 60 cm lagi.

“Saya khawatir dalam waktu tidak lama lagi jalan tersebut akan benar benar terputus,” ujarnya.

Dengan kondisi tersebut, Tahirudin berharap dapat segera ditangani oleh pemerintah dalam hal ini dinas terkait. Dikatakannya, agar badan jalan tidak amblas, dapat dipasang beronjong atau dibangun tambatan perahu sebagai penahan badan jalan. Sebab meskipun sungai kembali meluap dapat ditahan oleh bronjong atau tempat tambatan perahu tersebut. Selain itu, jika jalan sudah terputus, maka nelayan pun Kesulitan melaut, karena jalab itu akses satu satunya nelayan pantai mengkudum untuk melaut.

“Kami sangat berharap Pemda BS dapat segera mengatasinya agar jalan tersebut tidak terputus,” harap Tahirudin. (369)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*