Terdampak Korona, 1.200 UMKM Diusulkan BPUM

Agusman Efendi

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Sebanyak 1.200 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Kaur diusulkan mendapatkan kucuran bantuan dari kementerian koperasi dan UMKM. Bantuan berupa uang tunai itu, merupakan Bantuan Produktif Usaha Micro (BPUM).

“Ini sebelumnya sudah ratusan warga Kaur menikmati kucuran dana BPUM melalui rekening masing-masing sebensar Rp 2,4 juta,” kata Kepala Diskoperindag UKM kaur Agusman Efendi SE MM Kamis (22/10).

Dikatakan Agus dimana untuk bantuan dana BPUM dari pemerintah ini pihaknya sudah mengusulkan 3.211 UMKM. Namun hasil verifikasi oleh tim kementerian yang diterima hanya sebanyak 650 orang saja mendapatkan kucuran BPUM tahap 1, dan saat ini sudah dinikmati oleh yang bersangkutan.

“Total dana bantuan itu sebesar Rp 2,4 juta, nah untuk syaratnya mereka harus ada usaha dan terdampak covid-19,” terangnya.

Lanjutnya, para pelaku usaha itu cukup dengan menyerahkan Surat Keterangan Usaha dari kades setempat, ditambah dengan copy KTP dan KK yang bersangkutan. Selanjutnya akan dilakukan verifikasi nantinya dan setelah itu bila yang bersangkutan mendapatkan bantuan itu akan di beritahu oleh pihak bank untuk menyiapkan dokumen dokumen yang diperlukan dan selanjutnya bantuan akan di cairkan melalui bank yang ditunjuk.

“Kini masih kita lakukan rekap data, jadi bagi warga yang merasa terdampak memiliki usaha silakan ajukan ke Diskoperindag UKM membawa rekomendasi atau surat keterangan usaha copy KTP dan KK,” ujarnya.

Ditambahkannya, ia juga mengajak seluruh UMKM di Kabupaten Kaur tetap optimis meski saat ini wabah Covid-19 sedang melanda. Sejumlah pelaku usaha diharapkan dapat bankit dengan dibantunya kucuran dana sebesar Rp 2,4 juta. Dengan bantuan ini ia berharap mereka bangkit kembali bergairah dalam usaha masing masing. Tentunya juga dalam menjalankan aktifitas mengikuti protokol kesehatan menyediakan paslitas kesehatan di tempat usahanya.

“Kita selalu minta kepada pengusaha agar mematuhi protokol kesehatan dan selalu menyediakan tempat cuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak,” tandasnya. (618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*