TERBARU: Jamaah Haji yang Tewas Saat Lempar Jumrah Sudah Mencapai…

MINA – Insiden berdarah terjadi di hari terakhir ibadah haji di Arab Saudi. Ratusan orang jamaah haji dilaporkan tewas karena terinjak-injak saat ritual lempar jumroh di Kota Mina, Arab Saudi, Kamis (24/9). Yang terbaru, jumlah korban meninggal dilaporkan sudah mencapai 220 jamaah.

Stasiun televisi lokal al-Ekhbariya juga melaporkan sekitar 450 jamaah mengalami luka-luka dalam insiden tersebut. Saat ini otoritas setempat tengah melakukan operasi evakuasi korban.

“Telah terjadi insiden di Mina dan pertahanan sipil sedang menanganinya,” kata Juru Bicara Menteri Dalam Negeri Saudi, Brigjen Mansour al-Turki seperti dikutip dari CNN.com.

Hari ini sekitar dua juta orang jamaah memadati Mina yang terletak sekitar lima kilometer dari kota suci Makkah. Mereka di sana untuk melaksanakan ritual terakhir dalam rangkaian ibadah haji.

Dua pekan lalu insiden berdarah juga terjadi ketika sebuah crane roboh dan menimpa Masjidil Haram dan jamaah yang ada di dalamnya. Kecelakaan ini menewaskan 109 orang dan sekitar 400 lainnya luka-luka. (bbc/cnn/dil/jpnn)