Terapkan Program Link & Match, Honda Kerjasama dengan Pemda Kaur dan Bengkulu Selatan.

Foto Honda Lomba 2bengkuluekspress.com – Sebagai bentuk Implementasi Program link & Match dengan dunia pendidikan dan dunia industri, PT Astra Honda Motor (AHM) bersama Astra Motor Main Dealer Honda wilayah Bengkulu kembali melanjutkan pengembangan implementasi Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Honda di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Implementasi tersebut diwujudkan dalam bentuk penandatanganan MOU kerjasama KTSM Honda di SMKN 3 Bengkulu Selatan dan SMKN 3 Kaur. Sebagai bentuk keseriusan pemerintah daerah terhadap dunia pendidikan di daerahnya, Penandatanganan MOU ini dilakukan langsung oleh Bupati langsung di masing-masing daerah. Seperti di SMK N 3 Kaur ditandatangani langsung oleh Bupati Kaur, Dr. Ir. Hermen Malik Ph.D , dengan Head Of Corporate Communication PT. Astra Honda Motor, Bpk. Ahmad Muhibbudin, Technical Service Sub Departement Head PT. Astra International Tbk. Honda, Region Bengkulu, Bpk. Nindyatama, Kepala SMK Negeri 3 Kaur, Kab. Kaur, Bpk. Sasmadi M. Si dan Kepala Dinas pendidikan & kebudayaan Kabupaten Kaur, Bpk. M. Daud Abdullah S. Pd.

Sedangkan di Bengkulu Selatan penandatanganan MOU di SMK N 3 Bengkulu selatan juga ditandatangani langsung oleh Bupati Bengkulu Selatan, H. Reskan E. Awalludin, perwakilan AHM dan Astra Motor Bengkulu, Kepala SMK Negeri 3 Bengkulu Selatan, Nodi Asponi, M.Pd, Kepala Dinas pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Ahmad, S.Pd., MM.

Menurut Perwakilan PT.Astra Honda Motor,Gunadi, selaku Technical Training Analyst Region 1, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan di bidang pendidikan, AHM secara aktif sejak 2009 mengembangkan KTSM Honda. Selain itu, Program ini juga dilaksanakan dengan menyusun silabus khusus yang bisa diimplementasikan di tingkat SMK, yang dilanjutkan dengan penyiapan sarana fisik, berupa alat praktik dan laboratorium di sekolah-sekolah yang terpilih.

“Peningkatan mutu Sekolah Menengah Kejuruan untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang terampil dan berkesesuaian dengan kebutuhan industri otomotif tidak terlepas dari kemitraan SMK dengan pelaku bisnis industri otomotif di Indonesia.” ujarnya.

Bagi PT Astra Honda Motor selaku Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) sepeda motor Honda terus berusaha untuk meningkatkan kontribusinya dalam hal perbaikan kualitas pendidikan SMK melalui penerapan program yang berbasis “link & match” yaitu kesepadanan antara sekolah dengan kebutuhan dunia industri. “Melalui program ini, Technical Training Department, PT Astra Honda Motor berperan dalam hal penyelarasan kurikulum, dukungan fasilitas pengajaran dan pelatihan serta penyerapan tenaga kerja,” ungkapnya.

Ditambahkannya,panduan ini digunakan sebagai acuan dalam penerapan Jurusan Teknik Sepeda Motor Honda pada SMK yang bekerja sama dengan PT Astra Honda Motor dan Main Dealer sepeda motor Honda di Indonesia.

MenurutTechnical Service Sub Dept. Head, Nindyatama, kegiatan yang dilaksanakan bersama jaringan main dealer Honda ini, diharapkan dapat berkontribusi melahirkan generasi muda yang memiliki keterampilan dan kompetensi teknik otomotif roda dua sehingga mereka lebih siap untuk berkompetisi memasuki dunia kerja. Disamping itu, Program KTSM Honda ini merupakan upaya nyata perusahaan dalam berkontribusi meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya di bidang teknik otomotif roda dua, yang merupakan bisnis utama perusahaan. “Kami selalu mengupdate program KTSM Honda ini dengan teknologi terkini yang ada di pasar motor nasional, seperti saat ini ketika masyarakat masuk ke era injeksi. Kami pun mentransfer pengetahuan dan keterampilan tentang teknologi PGM-FI kepada guru dan siswa sehingga mereka akan selalu up-to-date.” pungkasnya seusai penandatatanganan MoU berlangsung. (koni/rls)