Terampil dan Kreatif di Dunia Digital

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Dalam rangka mewujudkan masyarakat Indonesia yang paham akan Literasi Digital, pentingnya keterampilan dan kreatifitas di dunia digital. Hal itu dikatakan Wakasek Kurikulum SMK Kencana Bandung sekaligus Dosen STIE Inaba Bandung Imanur Fikri Nugraha, M.Pd saat menjadi narasumber literasi digital, Kamis (29/7).

Dalam pemaparannya, Imanur menjelaskan fakta mengenai generasi alpha, generasi alpa menjadi generasi terbesar yang pernah ada, karena muncul saat dunia sedang mengalami pergeseran ke abad Asia. Ketika generasi alpha termuda mencapai usia dewasa pada tahun 2030, komponen kelas mengenah terbesar akan berasal dari Asia.

“Efek teknologi pada generasi alpha, antara lain akan menjadi lebih terspesialisasi, peningkatan pengumpulan data akan memicu risiko, mereka akan mengalihdayakan lebih banyak aktivitas otak ke komputer, dan teknologi meningkatkan keterampilan tertentu,” katanya.

Ia menekankan, kompetensi yang harus dimiliki guru generasi alpha, meliputi pemikiran kritis dan penyelasaian masalah, kemampuan digital, kreatifitas, kemampuan presentasi, pekerja tim, dan kemampuan komunikasi.

Sementara itu, CEO Benecolen Coffee
Ir. Lucky Wijatmoko mengatakan, kemajuan teknologi jika tidak dibarengi dengan literasi digital yang baik, maka akan berdampak buruk bagi masyarakat, Bangsa, dan Negara.

“Transformasi digital saat pandemi covid-19 mendorong terjadinya perubahan struktural yang sangat cepat pada bidang pendidikan, pekerjaan, kesehatan, dan belanja,” ungkapnya.

Lucky menerangkan, cara aman saat belanja online antara lain, pastikan online shop dapat dipercaya, baca dengan cermat kebijakan yang dilakukan oleh situs tempat belanja, waspada dengan barang sangat murah, baca deskripsi produk yang akan dibeli. Kemudian pilih cara pembayaran yang paling aman atau gunakan rekening bersama, simpan bukti transaksi, serta selalu gunakan perangkat pribadi.(HBN)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*