Tenun Dumpak Juara I

 

TAIS, Bengkulu Ekspress – Produk unggulan Kabupaten Seluma, berupa tenun dumpak, berhasil meraih juara I Karya Kriya tingkat Provinsi Bengkulu. Dalam kegiatan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Deskranada) Provinsi Bengkulu, 2019.

“Iya, kita dapat juara I Karya Kriya terbaik daerah tingkat Provinsi Bengkulu, 2019, pada Dekranasda Award Provinsi Bengkulu. Dengan produk unggulan Seluma berupa Tenun Bumpak, “kata Ketua Harian Deskranada Seluma, Sekaligus Kepala Dinas Disprindakkop Seluma H Mulyadi Joyo Martono SSos MM kepada BE kemarin (12/9).

Dijelaskan, Dekranasda organisasi yang mengembangkan produk kerajinan kelompok usaha kecil dan menengah (UKM) di daerah. Dekranasda Award Provinsi Bengkulu ini, merupakan rangkaian kegiatan dari Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dekranasda Provinsi Bengkulu Tahun 2019 yang berlangsung selama dua hari, dimulai dengan penilaian pada hari Kamis tanggal 8 agustus 2019 dan pengumuman pemenang pada Jumat, 9 Agustus 2019.

“Pengrajin Tenun Bumpak binaan dari Disperindagkop dan UKM Kabupaten Seluma, ada dua yaitu di Desa Kampai dan Desa Masmambang. Sedangkan, yang kita tampilkan itu tenun dumpak kelompok Desa Kampai. Namun, tetap atas nama Kabupaten Seluma, Untuk hadiah, kita dapatkan Piala dan uang pembinaan senilai Rp 4 juta,” ujar Mulyadi.

Piala kejuaraan Kriya Karya yang Kabupaten Seluma, menangkan nantinya akan diserahkan kepada Ketua Umum Deskranada Seluma, yakni Hj Elda Efita Bundra Jaya, pada acara puncak HUT RI ke-74 malam resepsi kenegaraan di Gedung Daerah Srasan Seijoan, pada 17 Agustus 2019.

“Untuk piala nanti kita serahkan ke ketua umum, pada resepsi kenegaraan Hut RI ke-74 di Gedung Serasan Seijoan,” imbuh Mulyadi. (333)