Tendik Tak Diakomodir Formasi PPPK

BENGKULU BE – Ratusan tenaga pendidik (Tendik) terpaksa gigit jari tak bisa masuk dalam perekrutan program 1 juta guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Karena, tenaga kependidikan belum masuk dalam formasi perekrutan PPPK 2021

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Drs Eri Yulian Hidayat melalui Kepala Bidang Multazam SPd kepada BE menuturkan, “Sayangnya untuk tenaga kependidikan belum masuk dalam formasi PPPK 2021, alurnya berbeda.”

Dibeberkan Multazam, pemerintah masih fokus pada pengangkatan tenaga guru PPPK. Karena, kebutuhan guru saat ini sangat mendesak. Sedangkan, tenaga teknis kependidikan walau telah masuk dalam data pokok pendidik belum diberikan formasi.

Persoalan ini tidak hanya terjadi di Bengkulu saja, juga dialami Tendik di daerah lain. Untuk itu, Disdikbud sangat mendorong para honorer bisa berjuang ditingkat pusat. Pasalnya, penetapan formasi menjadi kewenangan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

“Tahun ini formasi PPPK 2021 khusus guru saja. Untuk tenaga kependidikan masih belum dialokasikan,” ucapnya.
Meski begitu, PPPK yang juga dibuka kalangan umum, menjadi peluang bagi tendik untuk bisa seleksi PPPK dijalur umum.

“Prinsipnya kita mengikuti formasi yang disiapkan KemenPAN-RB. Usulan formasi guru PPPK dan Tendik pun terus dilakukan,” tandasnya. (247)