Temukan Aneka Kuliner dan Kerajinan Khas Bengkulu di Hotel Santika Bengkulu

Santika_Basurek
KHAS: Hotel Santika Bengkulu, menyediakan berbagai makanan, minuman dan berbagai ciri khas Bengkulu di Lobbi hotel. (Foto ANDRI/bengkuluekspress.com)

BENGKULU, bengkuluekspress.com– Sebagai bentuk kepedulian dan kecintaannya terhadap berbagai produk hasil kerajinan tangan dan kuliner yang menjadi ciri khas di Kota Bengkulu.

Hotel Santika Bengkulu berinisiatif merangkul para pedagang kecil, untuk membantu mempromosikan berbagai jenis produk khas asli Bengkulu. Salah satu yang dilakukan yaitu memajang seluruh produk asli Bengkulu mulai dari makanan, minuman, kerajinan tangan hingga kain tenun batik besurek Lobby Utama Hotel Santika Bengkulu.

“Hal ini kami lakukan untuk membantu mengenalkan kepada pengunjung hotel bahwa Kota Bengkulu memiliki banyak ciri khas dan muatan lokal yang sangat banyak,” ujar Gusti Cayaninggrat, General Manager Hotel Santika Bengkulu, hari ini,Selasa,(30/08/2016).

Ada pun berbagai macam makanan maupun produk khas asli Bengkulu yang dipajang diantaranya, sirup Kalamansi, kain Batik Besurek, lempuk durian, kue tat, kue perut punai, manisan terong, kue Siput, Kerpik Rafflesia, Kopi asli Bengkulu, dan beragam kerajianan tangan yang terbuat dari kulit lantung.

Gusti menambahkan, dengan disediakannya tempat secara khusus hasil karya khas Bengkulu ini, diharapkan nantinya setiap tamu hotel akan lebih mudah untuk melihat bahkan membeli produk lokal yang saat ini menjadi kebanggaan Kota yang juga dikenal sebagai Bumi raflessia ini.

Selain itu, Hotel Santika juga menjadikan Sirup Kalamansi yaitu minuman kaya vitamin C khas Kota Bengkulu ini, sebagai Welcome Drink saat tamu sedang melakukan check in di Hotel Santika Bengkulu.

“Kami juga menyediakan berbagai jenis kuliner khas Bengkulu yang bisa dinikmati bagi para pengunjung yang datang ke Hotel Santika seperti pendap, bagar hiu, tempoyak dan masih banyak lagi kuliner asli Bengkulu lainnya,” terang Gusti.

Sejauh ini, Hotel memang kental dengan filosofi Bengkulu, seperti karyawan mengenakan seragam dengan sentuhan kain batik Besurek. Disamping itu, pihak hotel juga mendekorasi bagian dinding hotel, dan memajang beberapa lukisan beberapa tempat sejarah yang ada di Kota Bengkulu seperti lukisan Tugu Thomas Parr, Rumah Bung Karno, Benteng Marlborough, sepeda Bung Karno, mesin jahit Fatmawati, monumen lama Kampung Cina.

“Beberapa ruang meeting yang ada di Hotel Santika di ambil dengan menggunakan hal-hal yang berkaitan dengan Bengkulu seperti Bencoolen, Gading Cempaka, Marlborough dan Rafflesia, yang kesemua itu merupakan nama-nama khas dari Kota Bengkulu,”pungkasnya. (One)