Temui Pengungsi Lampung, JK Sumbang Seng

BANDARLAMPUNG –┬áKetua Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla mengunjungi pengungsi kerusuhan Lampung Selatan di SPN Kemiling Bandarlampung, Jumat (2/11). Mantan Wakil Presiden itu mengaku miris melihat korban kerusuhan dan berharap insiden tersebut tak terulang.
JK -sapaan Jusuf Kalla- berharap segera ada perdamaian antara kedua pihak yang bentrok di Lampung. “Kalau bisa perdamaian ini dipercepat biar tidak ada lagi korban lain, pemerintah juga dapat memfasilitasi keduanya,” ujarnya.

Dari hasil kunjungan ke pengungsian itu juga terungkap bahwa para pengungsi menginginkan bisa segera kembali lagi ke rumah masing-masing dan menjalankan aktifitas seperti biasanya. “Anak-anak yang di sini (SPN,red) juga kan ingin sekolah, kalau bapak-bapaknya yang terbiasa bekerja keras ingin bekerja lagi disana, berhubung rumah mereka sudah hancur, makanya mereka tidak bisa tinggal disana,” ujarnya.

Rencananya, JK akan membantu para korban dengan mengirimkan 10 ribu seng yang digunakan untuk atap di rumah-rumah warga yang hancur akibat kerusuhan. “Rumah mereka kan sudah hancur, maka saya akan membantu mereka 10 ribu seng untuk atap rumah mereka yang sudah hancur,” ujarnya.

Kepada warga yang trauma akibat kejadian tersebut, JK meminta kepada pemerintah untuk menyediakan psikolog tempat penampungan. Hal itu dimaksudkan untuk memulihkan kondisi kejiwaan para pengungsi.(jpnn)