Tempo 2 Jam, 3 Rumah Ludes Terbakar

RIMBO PENGADANG, BE – Tiga rumah di Desa Talang Ratu Kecamatan Rimbo Pengadang ludes terbakar, sekitar pukul 09.00 WIB, kemarin (29/11). Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun kerugian yang menimpa M Saleh (65), Zainul Abidin (67) dan Yadi (45) ditaksir mencapai seratus juta rupiah. Sebab bangunan, perabot dan barang-barang berharga di dalam rumah mereka tak ada yang selamat.

Berdasarkan data terhimpun, kejadian kebakaran tersebut diduga berasal dari api tungku kayu bekas memasak di dapur milik M Saleh. Diduga bara api bekas memasak nasi tersebut belum sepenuhnya padam saat ditinggalkan pemilik rumah ke kebun.
Diceritakan Junaidi (52) anak dari Zainul Abidin, kejadian tersebut cukup cepat. Tidak lebih dari dua jam api meludeskan tiga bangunan rumah yang terbuat dari kayu tersebut.

“Memang kondisi di sini kalau pagi sepi, masyarakat banyak ke kebun. Nah warga baru tahu kebakaran waktu api itu sudah besar dan menghabisi rumah Wak Saleh (M Saleh) ini. Api juga nyaris membakar rumah milik Rohana yang berada di belakang rumah Wak Saleh. Untung warga cepat mengatasinya dengan merusak rumah tersebut hingga api tidak sempat meludeskan bangunan,” jelas Junaidi.
Selain itu dua rumah milik Zainul Abidin dan Yadi tersebut, beberapa barang-barang penting masih dapat diselamatkan.

Sedangkan untuk rumah milik M Saleh seluruh barang-barang miliknya ludes terbakar. Hanya tersisa baju di badan. “Saya tadi lagi di kebun, jadi tidak ada barang-barang yang dapat diselamatkan. Slip untuk pengambilan gaji Veteran saya juga terbakar. Saya tidak tahu bagaimana nanti mau mengurus gaji saya itu,” ucap M Saleh yang merupakan anggota Veteran di Kabupaten Lebong dengan mata berkaca-kaca.

Kapolres Lebong AKBP Drs Supriadi melalui Kapolsek Rimbo Pengadang Ipda Zulherman membenarkan kejadian tersebut. Dikatakan Zulherman saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan mengenai penyebab pasti kejadian kebakaran tersebut. “Untuk sementara ini api diduga berasal dari tungku kayu bekas memasak di dapur rumah M Saleh tersebut,” tutur Zulherman. (777)