Tempat Wisata Kuliner di Jogja yang Wajib Anda Kunjungi

Foto
Foto;jogjaupdate.com

Tempat wisata di Jogja — Mendengar kata Jogja disebut, siapa sih yang tidak tertarik? Setiap orang paham akan pesona Jogja mulai dari budayanya, tempat wisatanya, kulinernya yang unik, tempat pendidikannya, dan karakter masyarakatnya yang ramah-tamah.

Bertandang ke Jogja tidak akan lengkap jika tanpa mencicipi kulinernya yang maknyus. Kuliner tersebut memiliki cita rasa yang khas dan bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau. Yuk, cobain menu kuliner di tempat berikut!

  1. Angkringan Lek Man

Jogja identik dengan angkringan-nya. Wisatawan mudah sekali menemukan angkringan di kota pelajar ini. Angkringan tidak sekedar tempat  mencari makanan, akan tetapi tempat berkumpul dan tempat mendapatkan makanan yang murah meriah cocok dengan kocek pelajar.

Angkringan Jogja menyediakan nasi kucing (nasi dengan bungkus berukuran kecil dengan lauk tahu tempe, ati ampela atau teri), gorengan, dan minuman seperti kopi, es teh dan es jeruk. Meski banyak sekali angkringan di Jogja, namun salah satu angkringan yang fenomenal sejak tahun 1969 dan tidak pernah sepi hingga sekarang adalah angkringan Lek Man.

Apa istimewanya angkringan ini? Angkringan Lek Man menyediakan menu makanan yang sama seperti angkringan pada umumnya. Yang menjadikannya berbeda dan luar biasa adalah menu Kopi Joss anti sakit lambung. Kopi tersebut dihidangkan dengan tambahan arang di dalamnya.  Arang ini dipercaya efektif mencegah masalah pencernaan. Harganya pun terjangkau. Cukup dengan merogoh kocek 10ribu hingga 15ribu saja. Ke Jogja? Jangan lupa mampir angkringan Lek Man yang berlokasi di sekitaran Tugu, Jogjakarta.

  1. Gudeg Pawon

Bicara Jogja memang identik dengan makanan khasnya yang manis, yaitu gudeg. Gudeg merupakan makanan khas Jogja yang terbuat dari bahan dasar nangka muda dengan tambahan lauk yang bermacam-macam. Mudah sekali mendapati penjual gudeg di Jogja. Namun, jika Anda ingin menyantap gudeg istimewa, Anda bisa bertandang ke Gudeg Pawon yang telah berdiri sejak tahun 1958.

Gudeg Pawon melayani pelanggan dengan cara yang unik. Para pengunjung bisa menyaksikan proses masak memasak yang dilakukan di dapur atau (bahasa jawa) Pawon dengan cita rasa yang nikmat dan sedap.

Berlokasi di Jalan Dr. Soepomo, Umbulharjo, Yogyakarta dengan jam buka mulai dari jam 22.30 sampai habis. Setiap harinya, Gudeg Pawon selalu ramai pengunjung dan harus siap antre. Nah, agar tidak kehabisan yuk datang ke tempat wisata di Jogja ini sebelum jam buka.

  1. Sate Klathak Pak Pong

Kebayang ‘kan betapa nikmatnya sate kambing muda dengan racikan bumbu yang mantap? Di Jogja, Anda bisa menemukannya di tempat wisata kuliner sate klathak Pak Pong. Tempat kuliner ini tidak pernah sepi pengunjung karena cita rasa sate yang nikmat dan berbeda dengan di tempat lain. Bumbu yang digunakan sederhana, yaitu hanya merica, kecap, dan garam.

Selain bumbunya yang minimalis, sate klathak Pak Pong berbeda dengan sate lain karena sate ini dipanggang tidak dengan tusuk sate, namun dengan jeruji sepeda. Dibandingkan dengan tusuk sate, pengggunaan jeruji ramah lingkungan dan bisa dipakai berulang-ulang. Pengen nyoba sensasi rasa sate Pak Pong? Datang saja ke Jalan Imogiri yang ada di Bantul Yogyakarta.

  1. Banyu Mili Contry Club

Tempat wisata di Jogja ini adalah kombinasi dari tempat makan dan tempat rekreasi keluarga yang menarik. Ya, Anda bisa nikmati sensasi wisata air disini yang terdiri dari wahana air dan hutan, danau buatan, dan kolam renang. Selepas memanjakan diri di tempat rekreasi keluarga tersebut, saatnya Anda menyantap menu kuliner super mak nyus yang ada di tempat wisata di Jogja ini.

Banyu Mili Contry Club berlokasi di Jalan Godean KM 4,5 Jogja. Beberapa menu andalan yang sangat diminati pengunjung adalah udang bakar madu dan kepiting telur. Baik udang maupun kepiting tersebut merupakan hasil budidaya sendiri sehingga dipastikan saat di masak sedang dalam kondisi segar.

Menu lain yang bisa Anda cicipi disini adalah ayam goreng, gurame, dan cumi bakar yang bisa Anda nikmati sambil menyaksikan indahnya wahana air di tempat wisata di Jogja yang satu ini.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*