Tempat Evakuasi Mampu Tampung 2 Ribu Orang

MUKOMUKO, BE – Jika tak ada perubahan Kabupaten Mukomuko bakal mendapatkan kucuran dan dari Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) pusat untuk pembangunaan tempat evakuasi bencana. Lokasi yang disiapkan sudah final di Kelurahan Koto Jaya Kecamatan Kota Mukomuko setelah tim dari BNPB telah melakukan survey ke lokasi. “Pastinya tahun depan 1 unit tempat evakuasi akan dibangun,”ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Mukomuko, Jasni Bahari SPd.

Tempat evakuasi itu anti gempa dan berkapasitas mencapai 2 ribu jiwa. Konstruksi bangunan akan dilengkapi semua peralatan dan perlengkapan kesiapan dan penanganan bencana. Sedangkan bentuk bangunan serta peralatan lainnya tergantung dari kebijakan pemerintah pusat. “Saat ini kita tengah mengurus segala sesuatunya ke pusat. Khusus untuk lokasi tidak ada masalah lagi. Tanah sekitar ¾ hektar sudah disiapkan, jika anggaran sudah dikucurkan pembangunan pun segera dibangun,” bebernya.

Ditambahkan Jasni, Kabupaten Mukomuko merupakan salah satu prioritas BNPB untuk pembangunan tempat penggungsian dikarenakan kabupaten salah satu daerah rawan bencana. Terlebih pada tahun 2007 lalu, bencana alam gempa bumi yang terjadi di Mukomuko mengakibatkan kerusakan cukup parah.”Informasinya pembangunan dilakukan secara bertahap dan direncanakan ada 6 lokasi titik pengungsian yang akan dibangun,” demikian Jasni.(900)