Tembok Asrama Haji Bengkulu Jebol

Foto : IST

Bengkulu, bengkuluekspress.com – Hujan lebat yang melanda Kota Bengkulu, Selasa siang (28/8/18), mengakibatkan kerusakan di beberapa bangunan di Kota Bengkulu. Salah satunya jebolnya tembok asrama haji Bengkulu, di kawasan Padang Kemiling, kelurahan Pekan Sabtu, Kecamatan Selebar, Kota Bengkulu. Tembok itu roboh sepanjang 60 meter dengan ketinggian 2,5 meter.

Petugas Pemeliharaan Lingkungan Asrama Haji Bengkulu, Anton mengatakan, kejadian tersebut bermula dari hujan lebat yang turun disertai badai dari pukul 14.00 WIB. Kiriman arus air yang kencang dari sungai di belakang asrama haji tersebut langsung menghantam tembok asrama haji yang lama kelamaan mampu menjebol tembok asrama haji hingga roboh.

“Awalnya tembok yang bagian atas yang dihantam hingga jebol. Kemudian air sungai masuk dan menggenang setinggi 1-2 meter di halaman belakang gedung revitalisasi asrama haji. Setelah sekitar sejam menggenang, tembok bagian bawah tak sanggup lg menahan genangan air, dan akhirnya jebol juga,” ungkap Anton.

Beruntungnya, air yang menggenang setinggi 2 meter di halaman belakang asrama haji tersebut langsung surut berselang 2 jam setelah kejadian. Meski begitu, tetap ada kekhawatiran. Jika hujan lebat kembali turun, air kembali masuk dan menggenangi halaman belakang asrama haji tersebut. Karena saat ini belum ada tindakan untuk menutupi jebolnya tembok tersebut.



Anton menambahkan, selain air sungai yang meluap karena hujan deras, dia menduga ada faktor lain yang membuat tembok itu jebol. Yaitu, terjadinya penyempitan aliran sungai di lintasan aliran air bagian bawah yang mengakibatkan volume air berlebih tak bisa mengalir lancar.

Untuk itu, dia berharap, pemerintah dapat segera memperlebar daerah aliran sungai tersebut agar kejadian serupa tak terulang untuk yang ketiga kalinya. Kejadian seperti ini pernah dialami hingga 2 kali beberapa tahun silam. (Imn)