Telur Tembus Rp 50 Ribu/Karpet

telur ayam
Foto : IST

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress– Harga telur ayam ras di Pasar Tradisional di Kabupaten Kaur terus melambung tinggi. Bahkan saat ini harga telur ayam ras tembus Rp 50 ribu per karpet atau lebih mahal dari bulan sebelumnya Rp 42 ribu per karpetnya. Kenaikan ini diakui oleh beberapa pedagang telur ayam ras di Pasar Inpres Kota Bintuhan Kecamatan Kaur Selatan, kemarin (17/7).

“Sudah hampir dua minggu ini harga telur ayam ini naik, kalau biasanya Rp 42 ribu per karpet, kini sudah Rp 50 ribu per karpet,” ujar Parida (45), salah satu pedagang telur ayam ras di Pasar Inpres, kemarin (17/7).

Dikatakannya, kenaikan telur ayam ras di Pasar Inpres ini sebenarnya sudah terjadi sejak pasca lebaran Idul Fitri lalu. Kenaikan ini diduga karena stok telur yang mulai berkurang lantaran memang ternak ayam saat ini produksi telurnya berkurang. Selain itu, stok di toko-toko juga sedikit berkurang karena pemasokan telur tidak banyak lagi seperti sebelum harga telur ini naik.



“Naik harga telur ini mungkin karena pasokan telur ini agak berkurang dan juga banyak peternak kecil yang bangkrut, jadi otomatis harga telur ayam ini naik,” jelasnya.

Sementara itu, Novi (32), salah satu pedagang nasi di Kecamatan Kaur Selatan mengakui jika harga telur ayam naik dari harga sebelumnya, dimana jika per karpet biasanya Rp 42 ribu, kini menjadi Rp 50 ribu. Dengan kondisi ini ia terpaksa merogoh kocek lebih dalam dengan kenaikan harga telur ini. “Kalau harga telur atau ayam naik kami pedagang ini pasti kena imbasnya, dan untuk mengatasinya kami terpaksa naikan harga dangan kami, kalau biasanya nasi telur Rp 13 ribu, sekarang ini jadi Rp 15 ribu,” singkatnya. (618)