Telkom Bantu 1.750 UMKM

tomi telkomBENGKULU, BE – Kiprah Telkom Bengkulu tidak hanya mempermudah akses komunikasi. Tapi lebih dari itu ikut mendorong pertumbuhan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Provinsi Bengkulu.  Sejak memulai kegiatan Program kemitraan dan Bina lingkungan (PKBL) tahun 2002 lalu sudah sebanyak 1.750 pelaku UMKM telah dibantu oleh Telkom dengan total dana Rp 32 miliar.
“Kita akan terus memberikan kontribusi yang bisa meningkatkan ekonomi masyarakat Bengkulu,” ungkap GM Telkom Bengkulu, Dwi Pratomo Juniarto.
Menurut pria yang diakrab disapa Tomi ini, penyaluran yang dilakukan Telkom Bengkulu setiap tahunnya bervariasi mulai dari Rp 1-5 miliar. Dana yang digunakan 2 persen dari laba yang diperoleh Telkom.
“Untuk penyaluran ini biasanya kita lakukan setia tiga bulan sekali. Dan untuk tahun 2013 ini kita sudah menyalurkannya pada bulan maret lalu,” tambah Tomi
Besaran dana yang disalurkan oleh Telkom Bnegkulu pada bulan maret 2013 ini ada sebesar Rp 700 juta yang diterima 25 pelaku UMKM yang ada di Provinsi Bengkulu. Hanya saja, ia mengatakan dari 25 pelaku UMKM yang meneerima dana lunak tersebut 70 persennya berasal dari Kota Bengkulu.  Secara keseluruhan pun sebagian besar penerima dana yang selama ini disalurkan oleh Telkom berasal dari Kota Bengkulu.
Dana yang disalurkan Telkom ini bukan hibah namun harus dikembalikan lagi. Pun begitu bungan yang diberikan ringan hanya 6 persen per tahunnya. “Tidak semua yang mengajukan dana ini bisa kami terima. Proposal yang masuk akan kita seleksi terlebih dahulu sebelum kita tetapkan sebagai penerima,” papar Tomi.
Ke depannya Tomi belum bisa memastikan apakah dana lunak ini akan kembali digulirkan. Sebab saat ini kebijakan Kementerian BUMN menghentikan bantuan tersebut untuk sementara waktu.(251)