Teliti Hewan Kurban Sebelum Dibeli

Nasrul Rahman

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Menjelang hari raya Idul Adha atau hari raya kurban yang jatuh pada tanggal 20 Juli 2021 mendatang, Dinas Pertanian (Dispertan) Kaur mengimbau masyarakat khususnya umat muslim di wilayah Kabupaten Kaur agar teliti membeli hewan kurban. Hal ini agar hewan yang akan dikurbankan memenuhi kriteria.

“Menjelang kurban ini kita minta agar hati-hati dan pastikan jika membeli hewan kurban benar-benar layak untuk dikurbankan,” kata Kepala Dinas Pertanian Kaur, Nasrul Rahman SHut MSi, Jum’at (9/7).

Dikatakannya, kehati-hatian dan harus teliti diantaranya penyakit jembrana, cacing hati pada hewan yang akan dikurbankan. Dimana sebelum membeli hewan ternak sapi, sebaiknya masyarakat memeriksakan kondisi hewan tersebut kepada petugas kesehatan. Sebab hewan kurban bisa dinyatakan layak dijual dan dikonsumsi memang harus terbukti sehat dan tak mengalami gangguan kesehatan, seperti tidak terlalu kurus, cukup umurnya, dan tak cacat.

“Antusias masyarakat Kaur untuk berkurban kami rasa cukup tinggi, sehingga pembelian hewan kurban seperti sapi dan kambing meningkat. Kami imbau kepada masyarakat agar teliti, jangan sembarangan membeli hewan qurban,” terangnya.

Ditambahkannya, pihaknya juga akan segera melakukan pemeriksaan dan pendataan hewan yang terjangkit penyakit. Hal ini untuk memudahkan para penjual hewan kurban agar hewan yang akan dijual tetap terjaga kualitasnya. Lanjutnya, hewan qurban yang sudah diperiksa akan diberikan label sehat, sebagai salah satu ciri sudah diperiksa dan merupakan hewan berkualitas baik.

“Sehingga masyarakat tak perlu khawatir salah memilih hewan kurban. Sekali lagi masyarakat mesti lebih cermat memilih hewan kurban,” tandasnya. (618)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*