Tekan AKB dan AKI, Dukun Dibina

BINNA Beberapa dukun diwilayah Kecamatan Kaur Selatan saat mendapatkan pembinaan dan oleh petugas Puskemas Bintuhan, Selasa (288
IRUL/Bengkulu Ekspress
BINNA: Beberapa dukun di wilayah Kecamatan Kaur Selatan saat mendapatkan pembinaan dan oleh petugas Puskemas Bintuhan, Selasa (28/8).

KAUR SELATAN, Bengkulu Ekspress – Guna mengantisipasi terjadinya kesalahan proses persalinan, kemarin (28/8), Puskesmas Bintuhan memberikan pembinaan kepada 7 dukun beranak yang berada di Kecamatan Kaur Selatan. Pembinaan ini dilakukan agar nantinya para dukun beranak dapat berkomunikasi dengan bidan dan juga Puskesmas, sehingga tak terjadi kesalahan dalam persalinan.

“Ini sebagai paya kita untuk mengurangi Angka Kematian Bayi (AKB) dan Angka Kematian Ibu (AKI), pasca melahirkan. Kita berharap para bidan dan dukun saling bersinergi dan saling membantu satu sama yang lain,” ujar Kepala Puskesmas Bintuhan, Nili Aripah S KM kemarin (28/8).

Dalam pertemuan yang diselenggarakan sehari itu, dari 7 dukun binaan yang ada di Kecamatan Kaur Selatan, 5 diantaranya kemarin hadir dan menerima bimbingan yang diberikan oleh pihak Puskesmas. Mereka mengaku sangat mendukung program bersinergi yang dilakukan oleh pihak Puskesmas itu. Dalam hal ini Kepala Puskesmas meminta kepada dukun beranak untuk tidak segan-segan saling berkomunikasi dengan bidan.

“Jadi dukun ini mitra kita, masih sebagian warga yang melahirkan menggunakan dukun, sehingga kalau tidak diberikan pembinaan kita khawatir terjadi hal yang tidak diinginkan saat proses persalinan,” terangnya.

Ditambahkannya, saat ini tak jarang dalam persalinan yang diperkirakan lancar namun dalam kenyataannya ada masalah seperti lahir sungsang dan sebagainya. Sehingga untuk ini tentunya bila hanya mengandalkan dukun saja tentu sangat rentan terjadi AKI dan AKB. Sehingga butuh saling bersinergi sehingga proses persalinan dapat berjalan dengan lancar. “Para dukun ini juga kita berikan bantuan alat-alat medis, serta diajari cara menyeterilkan bayi usai melahirkan,” tandasnya. (618)