Tatib Lalin Masuk Pelajaran di Sekolah BS

SERAHKAN: Kasat Lantas Polres BS menyerahkan buku contoh-contoh Tatib Lalin yang akan dipelajari di sekolah kepada Plh Kepala Dinas Dikbud BS, Jum’at (25/9).

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas (Laka lantas) yang melibatkan kalangan pelajar, mulai semester depan siswa di sekolah akan belajar tentang tata tertib lalu lintas (Tatib Lalin).

“Mulai semester depan, pelajaran Tatib Lalin akan dipelajari siswa di sekolah,” kata Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayan Bengkulu Selatan (BS), Agustian SSos usai pertemuan dengan Kasat Lantas Polres BS di ruang kerjanya, Jum’at (25/9).

Dikatakan Agustian, pelajaran Tatib Lalin akan dimasukan ke mata pelajaran PPKN, sehingga anak-anak SD sudah mulai mempelajarinya. Dengan begitu, anak sekolah di SD hingga SMP sederajat akan mendapatkan pelajaran tentang Tatib Lalin.

“Untuk guru yang mengajarkannya guru PPKN di sekolah masing-masing,” ujarnya.

Sebelum diterapkan, sambung Agustian, para guru tersebut akan mendapatkan pelatihan dari anggota Satlantas terlebih dahulu, sehingga materinya nanti akan diambil dari Lantas Polres BS.

“Guru-guru yang akan mengajarkan tatib lalin di masing-masing sekolah akan dilatih terlebih dahulu dari pihak Satlantas Polres BS,” terangnya.

Kapolres BS, AKBP Deddy Naya SIK melalui Kasat Lantas Polres BS, Iptu Eka Hendra mengatakan, pelajaran tentang Tatib Lalin ini perlu dikenalkan sejak dini pada anak-anak, sehingga ketika mereka sudah dewasa, diizinkan membawa kendaraan bermotor, mereka akan tahu aturan berkendaraan di jalan raya. Dengan begitu mereka akan dapat mematuhinya.

“Dengan dikenalkannya peraturan Tatib Lalin sejak usia dini, nantinya mereka bisa juga mengingatkan orang tua mereka agar selalu mematuhi tatib lalin di jalan raya,” ujar Eka Hendra. (asri)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*