Tari Gandai Menuju Rekor Muri

Budi/Bengkulu Ekspress
Tari gandai khas kabupaten Mukomuko yang dirancang masuk dalam pencatatan rekor muri tahun 2019 mendatang. Salah satu dalam rangkaian acara HPN di Kabupaten Mukomuko

Dalam Rangka HPN 2019

MUKOMUKO,Bengkulu Ekspress– Kabupaten Mukomuko pada Tahun 2019 mendatang sebagai tuan rumah Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Provinsi. Untuk mensukseskan kegiatan tersebut, PWI Mukomuko bekerjasama dengan Pemkab Mukomuko.

Kegiatan yang dirancang, diantaranya Uji Kompetensi Wartawan (UKW), Sosialisasi UU Pers, mempromosikan objek wisata serta Tari Gandai yang merupakan tari khas Kabupaten Mukomuko. Tari gandai di rancang untuk menuju pencatatan rekor muri. Kemarin (22/11), di aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) digelar workshop tari gandai menuju rekor muri.

Asisten III Setdakab Mukomuko, Drs Arinal Basri didampingi Kadispendikbud, Saburdi SPd dan Kadis Kominfo, Drs H Ruslan MPd menyampaikan, memberikan apresiasi kepada PWI Mukomuko yang telah menggagas rencana kegiatan pencatatan rekor muri tari gandai. Ini tidak lain salah satu untuk lebih mengenalkan tari gandai khas masyarakat di Kabupaten Mukomuko ke masyarakat luas.

Budi/Bengkulu Ekspress
Tari gandai khas kabupaten Mukomuko yang dirancang masuk dalam pencatatan rekor muri tahun 2019 mendatang. Salah satu dalam rangkaian acara HPN di Kabupaten Mukomuko

”Tidak hanya masyarakat dari dalam dan luar daerah. Tetapi di kenal hingga ditingkat internasional,”katanya.

Ia mengaku berbagai persiapan terus di matangkan. Termasuk calon peserta tari diberi bimbingan lebih baik. Karena nantinya akan dilibatkan seluruh sanggar seni yang ada di desa/kelurahan dan kecamatan yang tersebar di daerah ini. ”Yang jelas, Pemkab Mukomuko sangat mendukung kegiatan tersebut. Ini merupakan salah satu kontribusi sangat positif untuk daerah dari teman-teman PWI dan moment yang sangat baik, selain memperingati HPN tingkat provinsi,” katanya.



Selain itu, lebih memperkenalkan tari gandai. Dimana pada 5 Agustus 2018 lalu, tari gandai telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI sebagai warisan budaya tak benda. Ketua PWI Kabupaten Mukomuko, Amris Tanjung didampingi Sekretaris Budi Hartono SP menyampaikan, sejumlah kegiatan yang direncanakan tersebut telah dikoordinasikan dengan PWI Provinsi Bengkulu, dan mendapatkan dukungan yang sangat positif.

“Beberapa waktu lalu. Rencana HPN di Kabupaten Mukomuko tahun 2019, telah di pantau langsung pengurus PWI Provinsi. Ini merupakan tindaklanjutnya,”katanya.

Amris juga menyampaikan, tari gandai menuju pencatatan rekor muri ditargetkan minimal sebanyak 1200 penari. “Kita targetkan 1200 penari. Jika tidak ada perubahan, pelaksanaan di rancang bulan Maret 2019 mendatang. Mari bersama kita sukseskan HPN 2019 di Kabupaten Mukomuko dan tari gandai tercatat rekor muri,”ajaknya. (900)