Targetkan 880 Pelanggan Prabayar

ilustrasi-tarif-listrik_20160401_081835
fOTO ; ist

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Di tahun 2018 ini, Perusahaan Listrik Negara (PLN) Rayon Muara Aman Kabupaten Lebong menargetkan bisa melakukan pemasangan meteran listrik prabayar sebanyak 880 pelanggan. Manager PLN Rayon Muara Aman, Satria Cakra Utama mengatakan, bahwa untuk saat ini dari jumlah pelanggan listrik yang tersebar di seluruh Kabupaten Lebong sebanyak 25 ribu pelanggan. Dari jumlah tersebut lebih dari 16 ribu pelanggan yang memakai meteran listrik pascabayar.



“Sisanya 9 ribu lebih pelanggan yang baru memasang meteran listrik prabayar,” jelasnya, kemarin (16/07).

Dimana untuk tahun 2018 sampai bulan Juni, lebih kurang 125 pelanggan yang telah melakukan pemasangan meteran listrik prabayar. Dilihat dari jumlah tersebut rata-rata setiap bulan sebanyak 20 pelanggan yang memasang.  “Namun kita berharap target bisa tercapai untuk tahun ini,” sampainya.

Untuk diketahui, dengan banyaknya pelanggan yang menggunakan meteran prabayar maka akan mempermudah masyarakat itu sendiri yang tidak perlu lagi menunggak tagihan listrik. Karena tidak ada beban listrik bulanan ataupun minimal pemakaian, pemakaian lebih terkontrol, privasi lebih terjamin karena tidak pernah dikunjungi pencatat meteran listrik. “Selain itu pemakaian lebih terkontrol dibandingkan meteran pascabayar,” ujarnya.

Walaupun demikian, untuk saat ini PLN Muara Aman masih menerima masyarakat yang akan melakukan pemasangan meteran listrik pascabayar. Pada saat masyarakat yang akan memasang meteran listrik, masih banyak yang menginginkan pemasangan meteran pascabayar. Namun pihaknya selalu menawarkan kepada masyarakat untuk memasang meteran prabayar.

“Kita masih terima yang memasang pascabayar, karena belum ada aturan kita mewajibkan masyarakat untuk memasang meteran prabayar,” ucapnya.

Dimana setiap bulan PLN Muara Aman menargetkan antara 100 hingga 200 pelanggan yang memasang baik itu pasca maupun prabayar dengan estimasi maksimal pemasangan 10 pelanggan setiap harinya. “Itu sudah kita targetkan sejak lama, itupun bisa kita capai walaupun ada hari pada saat sepi yang memasang hanya 5 orang pelanggan,” tutur Satria.(614)