Targetkan 3 Ribu Pelanggan Baru


ILUSTRASI
Foto : IST

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Manajemen Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Selagan Kabupaten Mukomuko, menargetkan sebanyak 3 ribu pelanggan baru hingga tahun 2021 mendatang. Hal ini ditegaskan Direktur PDAM Tirta Selagan, Suryadi SIp dikonfirmasi Bengkulu Ekspress (BE).

Menurutnya, target ribuan pelanggan baru itu untuk sambungan di empat kecamatan yang terhubung dengan pipa transmisi distribusi PDAM. “Target pemasangan baru itu khusus wilayah kecamatan yang masuk dalam sambungan pipa transmisi,”katanya. Meskipun target tersebut cukup berat, karena banyak saluran pipa distribusi yang rusak berat dan harus diperbaiki. Namun,pihaknya optimis target pelanggan baru tersebut bakal tercapai dengan baik.

Ia juga menyampaikan, hingga saat ini PDAM yang masih mengunakan sistim semi gravitasi untuk mendistribusikan air bersih kepada masyarakat yang tersebar di empat kecamatan. Yaitu Kecamatan Selagan Raya, Kecamatan Teras Terunjam, Kecamatan Air Manjuto dan Kecamatan Kota Mukomuko. Dengan menggunakan sistem semi gravitasi ini, katanya, perusahaan untuk sementara ini hanya mampu menjangkau empat kecamatan dengan jumlah pelanggan sebanyak 5 ribu sambungan.

“Hingga saat ini, sebanyak 1.220 pelanggan yang tersebar di empat kecamatan tersebut. Sehingga perusahaan masih punya kelebihan debit air untuk menjangkau sebanyak 3.780 pelanggan lagi,”lanjutnya.

Sedangkan penambahan pelanggan baru PDAM yang tersebar di empat kecamatan tersebut, bakal dilaksanakan secara bertahap hingga tahun 2021 mendatang. Setiap tahunnya, pihaknya mengaku, bakal mengupayakan penambahan pelanggan baru sebanyak 1.000 sambungan.(900)