Target Swasembada Pangan


APRIZAL/Bengkulu Ekspress Bantuan benih padi yang telah dibagikan ke kelompok tani (11/5) lalu.

ARGA MAKMUR, Bengkulu EkspressРDinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) menjadikan Padi, Jagung Kedelai (Pajale) sebagai target swasembada pangan. Hal ini diungkapkan Kepala DTPHP Bengkulu Utara  Kuasa Barus melalui Kepala Bidang Tanaman Pangan Hortikultura (TPH), Jamroh SP ketika ditemui diruang kerjanya, kemarin (13/5).

Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara telah menerima bantuan dari pusat berupa dana, benih unggul, pupuk, hingga alat dan mesin teknologi pertanian, serta mempersiapkan pasar untuk pemasaran pasca panen.  Maka dari itu, Pemkab Bengkulu Utara melalui DTPHP Bengkulu Utara meningkatkan swasembada pangan melalui Pajale.

“Di Bengkulu Utara sendiri, sejak Sabtu (11/5) lalu, kami telah menerima bantuan Pajale dan telah didroping ke masing-masing kelompok tani penerima bantuan di Kabupaten Bengkulu Utara,” kata Jamroh.

Menurutnya, saat ini baru benih padi yang sudah didroping ke kelompok tani. Sedangkan bantuan lainnya akan segera menyusul. Untuk total bantuan benih padi ada 5.298 Hektar, per hektar 25 Kg benih, untuk jagung seluas 1.200 hektar, per Hektarenya 15 Kg benih.

Jamroh berharap, bantuan benih yang telah bersertifikat ini mampu meningkatkan swasembada pangan dan pendapatan masyarakat petani di Bengkulu Utara, serta meningkatkan ekonomi masyarakat. “Harapan kita sebagai pembina dan pembimbing petani, dari bantuan ini para petani harus berhasil, dalam arti bisa meningkatkan produksi dan produktivitas, dengan diberikannya benih dengan kualitas bagus dan bersertifikat,” pungkasnya.(127)