Target Seluruh WBP Terima Vaksin

Ist/BE
Kanwil Kemenkumham, Kalapas Kelas IIA Bengkulu dan Dandim 0407/Kota Bengkulu memantau pelaksanaan vaksin untuk WBP di Lapas Kelas IIA Bengkulu

BENGKULU, BE РVaksin covid-19 tidak hanya diberikan kepada masyarakat umum, tetapi warga binaan  pemasyarakatan (WBP) penghuni Lapas dan Rutan di Bengkulu, juga menerima vaksin. Meski mereka berada di dalam Lapas atau rumah tahanan (Rutan), tetapi masih ada warga binaan pemasyarakatan terpapar covid-19.

Umumnya mereka terpapar dari warga binaan yang baru saja masuk. Salah satu pencegahan agar tidak terjadi penambahan kasus, Kantor Wilayah Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Bengkulu, menargetkan seluruh penghuni Lapas dan Rutan di Provinsi Bengkulu, berjumlah 2.632 orang seluruhnya menerima vaksin.

“Kita targetkan seluruh WBP terima vaksin. Kanwil Kemenkumham berusaha melakukan pendekatan kepada TNI dan Polri, Alhamdulilah kali ini Kodim 0407/Kota Bengkulu, memberikan jatah 200 vaksin untuk Lapas Kelas IIA Bengkulu,” jelas Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi Bengkulu, Imam Jauhari setelah selesai meninjau vaksinasi untuk warga binaan Lapas Kelas IIA Bengkulu, Senin (26/7).

Sebanyak 200 dosis vaksin yang diberikan kepada warga binaan Lapas Kelas IIA Bengkulu, berasal dari Kodim 0407/Kota Bengkulu. Dandim 0407/Kota Bengkulu, Kol Inf Uchi Cambayong mengatakan, jumlah vaksin dari pusat yang didistribusikan ke Provinsi Bengkulu terbagi tiga. Sekitar 60 persen Dinas Kesehatan, 20 persen TNI dan 20 persen Polri. Vaksin untuk warga binaan pemasyarakatan tersebut melanjutkan program serbuan vaksin yang dilaksanakan serentak 26 Juni 2021 lalu.

“Ini merupakan vaksin yang pertama kita berikan pada Lapas Kelas IIA Bengkulu sebanyak 200 dosis. Karena jumlah vaksin terbatas, untuk sementara ini 200 yang sanggup kita berikan, tentu belum cukup untuk memenuhi semua penghuni Lapas sebanyak 700 orang,” ujar Dandim.

Dari jumlah warga binaan Lepas Kelas IIA Bengkulu sekitar 700 orang lebih, sebanyak 310 warga binaan telah diberikan vaksin (110 orang vaksin bulan Juni lalu). Untuk Kota Bengkulu, jumlah warga binaan yang sudah menerima vaksin sebanyak 546 orang. Rinciannya Rutan Kelas IIB Bengkulu 114 orang, Lapas Kelas IIA Bengkulu 310 orang, LPKA 24 orang dan LPP 98 orang. Meski sudah diberikan vaksin, seluruh warga binaan yang telah menerima vaksin dihimbau untuk tetap mentaati protokol kesehatan meski mereka tidak keluar lingkungan lapas atau rutan. Perbanyak melakukan olahraga untuk meningkatkan imun.

Sejauh ini setidaknya sudah ada 165 warga binaan pemasyarakatan di Provinsi Bengkulu terpapar covid-19 sejak Januari hingga Juli 2021. Karena saat ini dari jumlah tersebut. Baru sekitar 20,7 persen warga binaan yang menerima vaksin. (167)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*