Target Partispasi Pemilih di Bengkulu Utara Belum Tercapai

omisioner KPU BU Sosialisasi, Parmas dan SDM, Rama Diandri SIkom

ARGA MAKMUR, BE – Kendati tingkat partispasi pemilih cukup tinggi pada pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2020 pada Kamis (9/12) cukup tinggi. Berdasarkan hasil sementara partisipasi warga hanya diangka 70 persen. Partisipasi itu belum sesuai target Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bengkulu Utara (BU) diangka 80 persen.

Komisioner KPU BU Sosialisasi, Parmas dan SDM, Rama Diandri SIkom saat dikonfrimasi BE Kamis (10/12) menuturkan, ada 3 kendala penyebab partisipasi pemilih belum sesuai target KPU BU.

“Pertama adanya wabah pandemi covid-19, kedua hanya memiliki 1 paslon, dan yang ketiga faktor cuaca saat pencoblosan,” kata Rama Diandri.

Rama Diandri menambahkan, hal yang sangat mempengaruhi faktor cuaca. Masyarakat enggan menggunkan hak suaranya. Lebih lanjut, Rama Diandri menuturkan, akibat cuaca ini pun ada beberapa TPS di Kecamatan Arma Jaya dan Arga Makmur harus pindah lokasi.

“Faktor cuaca yang sangat mempengaruhi tingkat partispasi pemilih tidak sesuai harapan kita,” ungkapnya.
Meski begitu, Ramadiandri pun optimis angka partispasi pemilih di Kabupaten BU, bertambah dari angka sementara sebesar 70 persen. Keyakinan ini, karena KPU masih memproses penghitungan suara dan menunggu hasil pleno.

“Kita optimis angka partisipasi pemilih akan bertmabah, karena angka saat ini bersifat sementara,” tandasnya. (127)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*