Target Partisipasi Pemilu Naik

Ketua KPU Benteng, Brotoseno
Foto : Ketua KPU Benteng, Drs Brotoseno

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) menargetkan partisipasi masyarakat pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 sebesar 85 persen. Target tersebut sedikit lebih tinggi jika dibandingkan dengan partisipasi masyarakat pada Pemilu sebelumnya, yakni sebanyak 82 persen dari total daftar pemilih tetap (DPT).

“Pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2017 lalu, partisipasi masyarakat Kabupaten Benteng sebesar 82 persen. Untuk Pemilu 2019 mendatang, kami targetkan sebesar 85 persen,” ungkap Ketua KPU Kabupaten Benteng, Drs Brotoseno, Selasa (28/8).

Brotoseno menjelaskan, KPU Kabupaten Benteng akan melakukan berbagai upaya untuk mengajak masyarakat menggunakan hak suara saat hari pencoblosan pada tanggal 17 April 2019 mendatang.

Sesuai dengan perencanaan, dalam waktu dekat KPU akan mengundang kelompok masyarakat dari kaum perempuan serta pemilih pemula yang diwakili oleh kalangan pelajar.

“Jika tidak ada halangan, Senin depan kami akan menggelar sosialisasi kepada ibu-ibu dan pelajar. Momentum ini kami sebut sebagai kursus memilih. Dengan harapan, masyarakat dan pemilih pemula bisa memahami pentingnya menggunakan hak suara,” terang Brotoseno.



Sejauh ini, ungkap Brotoseno, pihaknya telah menggelar rapat pleno penetapan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu serentak 2019. Dari hasil pemuktahiran data, sebanyak 82.088 orang disahkan sebagai daftar pemilih tetap (DPT).
Dari jumlah tersebut, terdapat sebanyak 41.725 orang pemilih laki-laki dan sebanyak 40.363 orang pemilih perempuan.

“Selain melakukan sosialisasi di gedung, komisioner KPU juga akan terjun langsung melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Baik ke desa-desa maupun ke sekolah (goes to school),” demikian Brotoseno.(135)