Target Partisipasi Pemilih 85 Persen

KPU Rakor
RIZKY/Bengkulu Ekspress
Ketua KPU Bengkulu Utara, Roges Mawansyah memberikan penjelasan terkait penyusunan DPT dalam Rakor di aula Hotel Rafflesia Bengkulu Utara, kemarin (20/8).

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) menargetkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 mencapai 85 persen. Hal tersebut disampaikan Ketua KPU Bengkulu Utara, Roges Mawansyah dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Penyusunan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Hotel Rafflesia, Desa Gunung Agung, Kecamatan Arga Makmur, Senin (20/8).

“Awalnya target kita 80 persen, tetapi target tersebut belum bisa menembus rekor. Sehingga kita sepakati 85 persen pada Pileg 2019 nanti,” jelas Roges.

Ada alasan tersendiri kenapa KPU Bengkulu Utara menargetkan partisipasi pemilih sebanyak 85 persen. Yakni agar pelaksanaan Pemilu nanti tercapai kesuksesan penyelenggara Pemilu.  KPU Bengkulu Utara pun optimis bisa mencapai target karena tahun lalu KPU BU telah melampaui target partisipasi nasional, yakni sekitar 75 persen. Tahun 2019 nanti, target nasional ditingkatnya menjadi 77 persen partisipasi pemilih.

Untuk itu, Roges mengharapkan agar seluruh PPK se-Kabupaten Bengkulu Utara bekerja keras, memiliki ide kreatif untuk merangsang pemilih datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). PPK harus sebisa mungkin mencegah golput yang bisa menggagalkan target pencapaian partisipasi tersebut.



“Saya minta PPK bisa bekerja lebih keras dan menuangkan ide kreatif untuk mendatangkan pemilih ke TPS,” imbuh Roges.

Masih dikatakan Roges, setelah melakukan Rakor, hari ini, Selasa (21/8) KPU Bengkulu Utara dijadwalkan melakukan pleno penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Terkait jumlah DPT di sejumlah desa di perbatasan akan dibahas dalam rapat
pleno ini.  “Kita lakukan rakor ini untuk menuntaskan apa saja yang menjadi permasalahan dalam sistem  informasi data pemilih,” pungkas Roges.(167)