Target Jokowi Terhambat Sikap Dewan

JAKARTA – Pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Provinsi DKI Jakarta 2013 belum juga dimulai. Pasalnya, Kebijakan Umum Anggaran-Plafon dan Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) belum juga ditetapkan.
“Kalau mekanismenya, KUA-PPAS dulu baru ajukan rancangan. Tapi sampai sekarang belum selesai juga,” ujar Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (28/11).

Menurut Jokowi, pembahasan KUA-PPAS dengan DPRD DKI berlangsung cukup alot. Pasalnya, DPRD masih memerlukan pemaparan yang lebih dalam dari Pemprov DKI.

Jokowi membantah kalau berlarut-larutnya pembahasan KUA-PPAS diakibatkan penolakannya untuk meneruskan pembangunan enam ruas jalan tol dalam kota. Menurutnya, selama ini tidak ada pertanyaan dari anggota dewan mengenai hal tersebut.

“MRT dan enam ruas (jalan tol) secara resmi tidak pernah ditanyakan, kalau tanya pasti saya jelasin,” imbuhnya.

Jokowi pun mengaku tidak menyangka pembahasan KUA-PPAS akan memakan waktu lama selama ini. Padahal ia memperkirakan bahwa APBD DKI 2013 sudah dapat disahkan pertengahan Desember 2012.

“Logika saya dulu pertengahan Desember rampung, ternyata sampai sekarang KUA-PPAS saja belum. Kita juga mau cepat tapi ternyata sampai sekarang belum selesai juga,” papar Jokowi. (dil/jpnn)