Target 70 Persen, Pemkot Ajak Para Lansia Ikut Vaksinasi

FOTO IST/ Para tenaga kesehatan di Puskesmas Beringin Raya saat mempersiapkan seorang lansia untuk divaksin

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Puskesmas Beringin Raya mengundang para lansia di Kota Bengkulu untuk menyukseskan vaksinasi para lansia yang di Puskesmas Beringin Raya, Kamis (3/06). Acara tersebut dibuat dengan tujuan mengajak para lansia untuk ikut divaksin. Pemkot sendiri menargetkan vaksinasi para lansia di Kota Bengkulu mencapai persenan yang telah ditentukan yakni sebesar 70 persen.

Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi didampingi Kadinkes Susilawaty dan Kepala Puskesmas Beringin Raya Erlina Panca Putri mengatakan, vaksinasi terhadap lansia sangat penting karena lansia sangat rentan terhadap paparan virus Covid-19. Suksesnya vaksinasi nasional juga bergantung pada angka vaksinasi terhadap lansia agar bisa tercapai pembentukan kekebalan masyarakat.

“Hari ini momentum kita untuk mengajak para lansia menyukseskan vaksinasi. Alhamdulillah, menurut laporan vaksinasi lansia mengalami peningkatan yang signifikan mencapai 16,52 persen dan ini tertinggi antara kabupaten lainnya di Provinsi Bengkulu. Maka dari itu, melalui kegiatan ini, kita akan genjot vaksinasi untuk para lansia,” kata Dedy.

Dedy menambahkan, vaksinasi ialah upaya pemerintah dalam menekan angka penyebaran Covid-19 diberbagai daerah, khususnya Kota Bengkulu. Apalagi saat ini tercatat Kota Bengkulu sudah termasuk zona kuning atau yang bisa dikatakan termasuk zona aman.

“Ini adalah upaya pemerintah untuk warganya melalui vaksinasi. Untuk saat ini, kita harus bersahabat dengan Covid-19. Karena menurut ilmu kesehatan virus ini akan ada beberapa tahun ke depan, makanya kita harus bersahabat dengan menerapkan prokes yang ketat seperti mencuci tangan, jaga jarak dan menggunakan masker. Dan kita turut senang setiap wilayah zona kuning, tetapi kita ingin seluruh wilayah di Kota Bengkulu menjadi zona hijau,” jelas Dedy.

Dedy menegaskan, untuk para lansia agar tidak takut untuk divaksin dan meminta jangan mempercayai berita-berita hoaks yang bertebaran di media sosial akan bahaya vaksin. Jika nantinya target vaksinasi tercapai dan Kota Bengkulu menjadi zona hijau, diharapkan aktifitas dan ekonomi bisa kembali normal serta anak-anak bisa kembali bersekolah secara tatap muka. (Imn)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*