Target 5 Besar Porwil se – Sumatera

EKO/Bengkulu Ekspress. SERAHKAN: Asisten III Setdaprov Bengkulu, H Gotri Suyanto saat menyerahkan mendali emas kepada salah satu atlet dari Kota Bengkulu yang menjadi juara umum
EKO/Bengkulu Ekspress. SERAHKAN: Asisten III Setdaprov Bengkulu, H Gotri Suyanto saat menyerahkan mendali emas kepada salah satu atlet dari Kota Bengkulu yang menjadi juara umum

Porprov Bengkulu ke-IX Resmi Ditutup

BENGKULU , Bengkulu Ekspress – Provinsi Bengkulu yang telah ditetapkan sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) se-Sumatera tahun 2019 mendatang. Ajang bergensi sekaligus mengharumkan nama Bengkulu itu wajib diraih sebagai tuan rumah.

Targetnya dalam porwil itu, Bengkulu minimal bisa meraih 5 besar pada semua cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan. Asisten III Setdaprov Bengkulu, H Gotri Suyanto mengatakan, terget 5 besar itu wajib didapatkan. Untuk meraih itu, Bengkulu harus mampu mendapatkan minimal 8 mendali emas.

“8 mendali emas ini harus kita dapatkan, untuk bisa menjadi 5 besar,” ujar Gotri saat menutup secara resmi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-IX di Stadion Semarak Kota Bengkulu, kemarin (6/5/2018).

Ditegaskannya, berbagai persiapan tentu harus dimatangkan sejak saat ini. 8 mendali emas yang diterget itu ditugaskan kepada kabupaten/kota minimal dapat meraih 1 mendali emas. Jika satu kabupaten/kota mendapatkan satu mendali, maka terget 5 besar itu mampu untuk diraih. “Mendali yang lainnya, tanggungjawab provinsi. Kita minta satu kabupaten/kota bisa dapat 1 mendali emas,” tambahnya.

Target itu, menurut Gotri pasti biasa didapatkan. Sebab, dari hasil Porprov sudah sangat terlihat potensi atlet-atlet Bengkulu bisa diadalkan. Tidak hanya pada tingkat Porwil saja, namun juga pada tingkat Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua tahun 2020 mendatang.

“Atlet yang sekarang ini harus bisa dibina terus. Karena hasil Porprov ini sebagai langkah uji coba kita, untuk mempersiapkan Porwil se-Sumatera dan PON pada tahun mendatang,” ujar Gotri.

Sementara itu, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Bengkulu, Mufran Imron mengatakan, terget yang telah ditetapkan, agar Bengkulu bisa menjadi jaura dalam event olahraga itu harus didukung oleh semua pihak. Baik itu dari KONI kabupaten/kota termasuk dari cabor itu sendiri. Ketika semua saling berkoordinasi dengan baik, maka kejayaan olahraga Bengkulu mampu diwujudkan.

“Kita minta didukung terus. Agar pemerintah juga bisa mempercayakan KONI untuk mencetak prestasi olahraga,” ungkap Mufran.

Dipaparkannya, dalam event Porprov Bengkulu yang diikuti sekitar 1.500 atlet di 14 cabor yang dipertandingkan terlah berjalan lancar. Antusias daerah sangat baik sekali dengan dibuktikan atas pengiriman atlet-altet disemua cabor. Hasilnya, Kota Bengkulu berhasil meraih juara utama dengan total 102 mendali, terdiri 61 emas, 23 perak dan 19 perunggu. Kemudian juara kedua diraih oleh Rejang Lebong dengan total 67 mendali, terdiri 21 emas, 23 perak dan 23 perunggu. Sementara juara ketiga diraih oleh Bengkulu Tengah dengan total 50 mendali, terdiri 11 emas, 20 perak dan 19 perunggu.

“Selamat untuk pemenang dan yang kalah masih ada Porprov 2020 yang akan digelar di Kabupaten Rejang Lebong sebagai tuan rumah,” ujarnya.

Porprov yang telah sukses digelar itu, menurut Mufran kepada semua panitia dan pengurus KONI kabupaten/kota dan provinsi untuk bisa segera membuat laporan pertanggungjawaban. Ditarget, dalam satu minggu ini laporan wajib diselesaikan. Mufran juga menegaskan, jangan sampai laporan itu tidak diberikan. “Satu minggu ini laporan harus diselesaikan. Jangan sampai ada kegiatan tidak ada laporan, itu berbahaya,” tandas Mufran. (151)