Target 18 OPD Tuntaskan SPIP

Foto : IST

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Inspektorat Daerah (Ipda) Kepahiang tengah menggenjot Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) OPD dalam Kabupaten Kepahiang. Untuk tahap awal, Ipda menargetkan sebanyak 18 OPD tuntas melaporkan SPIP hingga batas waktu yang ditentukan Juni mendatang. Tujuannya, untuk mencegah kegiatan yang tidak bermanfaat dan tidak punya sasaran serta mengatasi permasalahan yang ditimbul dalam menjalankan program pemerintahan di Kabupaten Kepahiang.

Inspektur Ipda Kepahiang, Harun SE Ak MSi melalui Drs Fisool Husein, Rabu (17/4) mengatakan, secara global tujuan akhir SPIP bisa meningkatkan ketaatan atas peraturan dalam pemerintahan, pengamanan aset, keandalan laporan keuangan, efektifitas dan efisiensi dalam pelaksanaan kegiatan program pemerintah. Seluruh OPD wajib menuntaskan SPIP jadwal yang telah ditentukan Juni mendatang.

“SPIP diterapkan ke seluruh OPD dan tahap awal terdapat 18 OPD yang digarap, diantaranya Disdikbud, Dinas PU, DPM PTSP, Disparpora, BKD Keuangan, BKDP SDM dan sejumlah OPD lain. Seluruh OPD wajib menyampaikan SPIP sesuai dengan program yang dijalankan di tahun 2019,” kata Fisool.

Dari laporan SPIP yang disampaikan OPD akan terlihat apa saja program yang dilakukan. Selanjutnya apakah program itu bermanfaat untuk masyarakat kepahiang atau tidak, termasuk juga apakah sesuai dengan visi – misi kepala daerah atau tidak. Bila ternyata tidak bermanfaat, maka ke depan program yang dijalankan akan dilakukan evaluasi.

“Intinya SPIP akan menggambar segala keadaan yang dijalankan oleh OPD untuk menunjang kemajuan pemerintahan di Kabupaten Kepahiang. Saya berharap seluruh OPD bisa menuntaskan SPIP di tahun 2019 ini, sehingga tahun selanjutnya akan dikembangkan kepada OPD lain di Kabupaten Kepahiang,” demikian Fisool. (320)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*