Tapal Batas RL – Kepahiang Tuntas

KEPAHIANG, bengkuluekspress.com – Masalah titik koordinat tapal batas antara Kabupaten Kepahiang dengan Kabupaten Rejang Lebong (RL) diklaim sudah tuntas oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang. Sengketa titik koordinat tapal batas antar daerah itu, selesai pasca adanya kunjungan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) ke Rejang Lebong beberapa waktu lalu.
Sekerataris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepahiang, Zamzami Zubir SE MM mengatakan, kedua daerah sudah sepakat jika titik koordinat batas wilayah ditetapkan melalui Mendagri. Terkait adanya lahan perkebunan atau rumah penduduk dibeberapa desa yang terbelah, karena sebagian berada di wilayah Rejang Lebong dan sebagian lainnya masuk area Kabupaten Kepahiang disepakati titik temunya dengan menggeser koordinat tapal batas.
“Sudah selesai itu, kalau ada lahan warga yang terbelah itu, kita lihat lahannyo condong kemana. Kalau condong ke Kepahiang, maka lahan itu masuk Kepahiang dan begitu juga sebaliknya,” terang Zamzami Zubir.

Disepakatinya penentuan titik koordinat batas antar kedua wilayah diharapkan bisa memberikan kepastian bagi masyarakat di kawasan perbatasan kedua daerah tersebut.
“Sesuai dengan kesepakatan Berita Acara (BA) nomor 02/III/B.1/2018, tim tersebut merumuskan perubahan TK 14 ke TK 15,” pungkasnya.(320)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*