Tapal Batas Desa Ditata

ASRI/BE
RAPAT: Asisten 1 Bupati memimpin rapat terkait tabat desa di ruang rapat kantor Bupati BS, Rabu (22/1).

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Setelah menuntaskan penataan tapal batas desa/kelurahan di Kecamatan Bunga Mas, Seginim, Pasar Manna dan Manna. Tahun ini, Pemda Bengkulu Selatan (BS), kembali melakukan penataan tapal batas desa dan kelurahan.

“Tahun ini tabat desa di Kecamatan Pino, yang akan ditata,” kata Asisten 1 Bupati BS, Yunizar Hasan SH MP, Rabu (22/1).

Dikatakan Yunizar, di Kecamatan Pino, sebanyak 15 desa dan 1 kelurahan akan ditata. Pelaksanaan penataan tabat desa tersebut, sama seperti tahun lalu di kecamatan lain dalam wilayah BS. Dalam hal ini pemda kembali menggandeng Topdam Sriwijaya. “Untuk penataan tabat desa, kita selalu melibatkan Topdam Palembang,” ujarnya.

Untuk pelaksanaan penataan nanti, sambung Yunizar, juga melibatkan unsur tokoh masyarakat dan sesepuh desa. Sehingga ketika ada perselisihan titik koordinat tabat antar desa agar diselesaikan secara musyawarah. Dengan begitu, diharapkan tidak terjadi konflik dalam penyelesaian titik koordinat tabat.

“Dengan adanya penataan tabat desa ini, maka ke depan tidak akan terjadi konflik tabat, sebab akan jelas dimana letak titik-titik koordinat yang nantinya disajikan dalam peta desa,” terangnya.

Yunizar berharap pelaksanaan pengukuran tabat masing-masing desa nantinya dapat segera dimulai, agar bisa cepat selesai. Setelah itu Surat keputusan (SK) mengenai tabat desa ditandatangani Bupati. “Mudah-mudahan dalam waktu dekat penataan tabat desa bisa segera dimulai, agar ada kepastian batas antar desa dan antar kecamatan dalam wilayah BS,”d emikian Yunizar. (369)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*