Tanpa Pique-Puyol, Barca Tetap Oke

BENGKULU, BE – Pelatih Barcelona Tito Vilanova nampaknya tidak terlalu merisaukan absennya dua palang pintu andalan, Carles Puyol dan Gerard Pique. Pasalnya, statistik Barca tetap ciamik meski keduanya absen.
Pique dan Puyol dipastikan absen saat Barca menjamu Granada paad lanjutan kompetisi La Liga, dini hari nanti. Pique mengalami cedera kaki saat tampil di Liga Champions, sementara Puyol dibekap cedera lutut.
Absennya kedua bek tangguh itu disinyalir bakal berdampak pada kekuatan Barca. Sejumlah kalangan memprediksi Barca bakal sulit mempertahankan rekor sempurna mereka di La Liga -Tiga kemenangan dari tiga laga.
Namun, kecemasan tersebut nampaknya tidak akan terbukti. Sebab, Barca justru punya catatan yang cukup baik, saat tampil tanpa Pique dan Puyol absen.
Menurut laporan Football-Espana, Sabtu (22/9), Barca sempat melakoni 24 laga tanpa kehadiran Pique dan Puyol di jantung pertahanan. Namun, hebatnya Barca sukses mencatatkan 71 persen kemenangan.
Dari total 24 laga tersebut, Barca hanya kalah empat kali, di mana dua kekalahan itu didapat usai mereka menyegel gelar juara La Liga musim 2008-2009. Sementara itu, beberapa kemenangan yang mereka raih didapat dari tim-tim yang bisa dikatakan bukan sembarangan, yakni menang atas FC Porto di ajang Piala Super Eropa dan Arsenal di Liga Champions.
Jelang laga kontra Granada di Camp Nou, dini hari nanti, Vilanova kabarnya sudah punya solusi terkait absennya Pique dan Puyol. Javier Mascherano akan ditugaskan mengawal jantung pertahanan, berduet dengan salah satu diantara Sergio Busquets, Marc Bartra atau Alex Song. (net)