Tanpa Lelah Jaga Wisatawan

Budi/Bengkulu Ekspress JAGA: Kapolda Bengkulu, Brigjen Pol Drs Supratman MH didampingi Karo Ops dan Direktur Lalu Lintas Polda Bengkulu saat meninjau kawasan Pantai Jakat.

Kapolda Kunjungi Pos PAM

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Kawasan wisata Pantai Panjang Bengkulu mendapat perhatian khusus oleh Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Drs Supratman MH karena menjadi salah satu objek vital yang dikunjungi oleh masyarakat saat libur lebaran, terutama bagi warga yang datang dari luar Kota dan Provinsi Bengkulu.Hal itu terbukti dari para anggota polri dan instansi terkait yang tanpa lelah melakukan pengamanan selama 24 jam penuh demi menciptakan keamanan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Terkait hal tersebut, beberapa warga Bengkulu dan wisatawan yang mengunjungi Pantai Pantai mengapresiasi kinerja Polri dan instansi terkait lainnya. Seperti yang dikatakan salah satu wisatawan pantai panjang, Nurahman warga dari Kabupaten Rejang Lebong yang menuturkan ucapan terimakasih kepada anggota polri dan instansi terkait lainnya yang telah mendukung liburan dengan memberikan rasa aman dan nyaman yang menyenangkan bagi masyarakat.

“Polisi dari kemarin banyak yang patroli, jadi kami meraso, amanlah, selamat berlibur, bawa anak kekeluarga,” kata Nurahman, kemarin (9/6).

Hal senada juga disampaikan Fatma, warga Seluma yang berlibur je Bengkulu sejak hari Jumat lalu yang mengatakan, liburan lebaran tahun ini sangat enak karena banyak polisi yang berjaga sehingga tidak menimbulkan kemacetan. “Saya berharap tahun depan bisa seperti ini lagi bahkan bisa lebih ditingkatkan lagi,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Drs Supratman, MH sejak Sabtu lalu dan hari ini (Minggu, red) dari pagi hingga sore, lebih khusus menyempatkan diri pergi ke pos terpadu Pantai Panjang untuk melihat kerawanan dan penelusuran terkait dengan keadaan lalu lintas di kawasan tersebut.

Menurut pantauan Kapolda dari mulai pukul 10 pagi tadi animo pengunjung wisatawan Pantai Panjang luar biasa ramai. Semakin lama dan semakin sore wisatawan dan warga yang datang pun semakin padat merayap, namun tetap Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) sampai saat ini masih terpantau aman dan kondusif.

“Khususnya didaerah pantai panjang yang sering dijadikan lokasi berenang, petugas selalu memberi himbauan dan peringatkan kepada masyarakat untuk tidak mandi, namun bagi masyarakat yang ingin mandi di pantai untuk mandi di pantai jakat yang diizinkan,” jelas Kapolda Bengkulu melalui Kabid Humas, AKBP Sudarno SSos MH, kemarin (9/6).

Selain itu, untuk menyikapi maraknya kasus-kasus pencurian sepeda motor (curanmor) warga saat melaksanakan liburan pasca lebaran, Polda Bengkulu dan jajaran telah memberikan atensi khusus dengan selalu mengingatkan petugas parkir untuk bertanggung jawab dengan parkir yang dikelola, tidak hanya itu anggota senantiasa patroli baik itu yang menggunakan sepeda motor maupun menggunakan R4 demi mencegah kasus kriminalitas.

“Sudah kita sampaikan kepada petugas parkir untuk tidak hanya mengambil uangnya saja tetapi benar-benar dijaga sepeda motor milik warga dan wisatawan yang datang ini, kita pun sudah melakukan patroli setiap saatnya,” ucapnya.

<script async src=”//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js”></script>
<ins class=”adsbygoogle” style=”display: block; text-align: center;” data-ad-layout=”in-article” data-ad-format=”fluid” data-ad-client=”ca-pub-5167923641613355″ data-ad-slot=”7238301392″></ins>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>

Dikesempatan ini juga, Sudarno menghimbau agar para wisatawan dan warga yang berlibur ke pantai Panjang dan lokasi lainnya untuk tidak lupa mengunci sepeda motornya dan menambahkan kunci tambahan pada kendaraanya.
“Tingkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian terhadap barang bawaan agar kasus-kasus kriminalitas bisa dihindari,” demikian tutupnya.

Disisi lain, memasuki arus mudik pada H+5 hari Raya Idul Fitri 1440 H, Kapolda Bengkulu, Brigjen Pol Drs Supratman MH kembali mengecek Pos Pengamanan dan pelayanan lebaran yang ada dikawasan Pantai Panjang Kota Bengkulu. Kapolda Bengkulu dalam pantauannya ke pos pengamanan membuka dialog sekaligus memberikan semangat kepada personel kepolisian maupun TNI yang sedang berjaga kurang lebih 24 jam penuh.

Menurutnya, walaupun sudah menjadi agenda rutin setiap tahunnya, dimana saat orang pada umumnya merayakan hari lebaran bersama keluarga, anggota TNI-POLRI dan instansi terkait berjaga menjamin Kamtibmas sehingga perlu diberikan dorongan moril.”Anggota yang berjaga dan tidak bisa merayakan hari lebaran bersama keluarga perlu kita berikan semangat dan dukungan agar tetap bisa berjaga demi kenyamanan dan keamanan bagi warga yang mau melanjutkan perjalanan pulang setelah liburan atau mudik,” jelasnya, kemarin (9/6).

Ia menjelaskan, meningkatnya jumlah pengunjung Pantai Panjang di akhir pekan pasca lebaran, tentu saja berbanding lurus dengan meningkatnya kerawanan tindak kriminalitas yang menuntut pihak keamanan untuk lebih waspada dan memberikan ekstra pengamanan.

“Untuk itu, saya memerintahkan anggota gabungan pos pengamanan agar rutin melakukan patroli skala kecil untuk mengantisipasi tindak kriminalitas sehingga tercipta situasi kamtibmas yang kondusif terutama hari ini (Minggu, red) yang diperkirakan puncak arus mudik,” ucapnya kepada awak media.

Selain itu, Ia menjelaskan, dalam libur lebaran, wisatawan akan meramaikan pantai Panjang Bengkulu, untuk itu dirinya dihimbau kepada masyarakat agar tidak mandi di seputaran pantai guna mencegah kecelakaan laut akibat terseret ombak. “Untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan, saya minta warga ataupun wisatawan yang datang untuk tidak mandi diwilayah yang sudah dilarang,” terangnya.

Dari data ang terhimpun Bengkulu Ekspress, arus lalu lintas disepanjang jalan pariwisata Partai Panjang terpantau padat namun tetap lancar. Selain mengecek Pospam Pantai Panjang, Kapolda Bengkulu juga melakukan pengecekan Pospam dan Posyan di Simpang Lima, pos terpadu yang terletak dibelakang Bencollen Indah Mall (BIM), dan Pospam Pantai Zakat.

Sementara itu, selama lebaran tahun ini setidaknya Polda Bengkulu sendiri telah menyusun 38 pos-pos terdiri dari 22 pos pengamanan (pospam) dan 16 pos pelayanan (posyan) yang tersebar di Provinsi Bengkulu. Penempatan pos-pos tersebut untuk memberikan pengamanan dan pelayanan bagi pengendara selama arus mudik dan balik lebaran 2019. (529)