Tanjung Raman, Prioritaskan Jalan Alternatif

DD
foto: ist

TANJUNG RAMAN, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Desa (Pemdes) Tanjung Raman, Kecamatan Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) bertekat untuk keluar dari daerah terisolasi. Karena ruas jalan kabupaten menuju desa tak pernah mendapat perhatian, Pemdes Tanjung Raman akan memprioritaskan pembangunan jalan alternatif keluar dan masuk desa.

“Sebelumnya, kami sudah membuka akses jalan alternatif sepanjang 4.500 meter dengan lebar 6 meter. Saat ini, akses jalan hanya bisa dilalui saat musim panas dikarenakan permukaan jalan belum dikoral,” ungkap Kades Tanjung Raman, Dodi Arianto.



Disampaikan Dodi, pembukaan badan jalan alternatif bisa terwujud dengan menggunakan kucuran dana desa (DD) bantuan dari Pemerintah Pusat tahun 2018 lalu. “Pada tahun 2019 ini, DD akan kami fokuskan untuk pengoralan jalan alternatif. Sisa dari DD nanti barulah kami manfaatkan untuk kegiatan lain. Sehingga, akses jalan tersebut bisa dilewati oleh masyarakat dengan lebih nyaman. Baik saat musim panas ataupun musim hujan,” tambahnya.

Lebih lanjut, Dodi menjelaskan, rute jalan alternatif dibuat dari Desa Tanjung Raman dengan melintasi kawasan perkebunan warga. Di penghujung jalan yang dibangun akan bermuara jalan milik PT Danau Mas Hitam (DMH) Desa Lubuk Sini, Kecamatan Taba Penanjung (simpang PT DMH). “Untuk membangun jalan alternatif, tak sedikit masyarakat yang telah mengorbankan tanah mereka untuk dijadikan jalan,” tandasnya.(135)