Tangkap Pembuang Sampah Sembarangan, Wawali Beri Rp 500 Ribu

FOTO IST/ Wawali Dedy Wahyudi saat gotong royong di kawasan jalan danau.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Pemkot Bengkulu masih gencar menangani persoalan sampah di Kota Bengkulu. Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi menyiapkan hadian Rp 500 ribu bagi warga yang berhasil menangkap oknum yang membuang sampah sembarangan. Hal tersebut dikatakan Dedy, Minggu (07/03) saat gotong royong di Jalan Danau.

“Kalau melihat masih ada yang membuang sampah sembarangan, tangkap saja, kemudian foto lengkap dengan datanya. Nanti yang nangkap kita kasih hadiah Rp 500 ribu. Yang ditangkap bisa kita kenakan sanksi kirungan 3 bulan atau denda Rp 5 juta,” tegas Dedy.

Dedy minta warga sekitar atau petugas linmas untuk menjaga di beberapa titik tempat orang sering membuang sampah sembarangan. Bila kedapatan, agar ditangkap, difoto dan didata identitasnya untuk diberikan sanksi. Sedangkan warga yang menangkap akan diberi hadiah langsung dari Dedy berupa uang tunai Rp 500 ribu.

Dedy juga memberikan pengertian kepada seluruh elemen masyarakat dan pihak-pihak terkait tentang betapa pentingnya menjaga lingkungan, serta betapa indahnya budaya hidup bersih. Pemberian saksi sesuai peraturan yang berlaku diharapkan bisa memberi efek jera kepada masyarakat yang belum sadar atas pentingnya kebersihan lingkungan serta dampak yang ditimbulkan akibat kebiasaan buruk membuang sampah sembarangan. (Imn)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*