Tanda kehamilan dan Kenaikan Berat Badan

ilustrasi

BENGKULU, BE – Saat hamil atau mengandung, berbagai perubahan terjadi pada tubuh perempuan. Seorang perempuan hamil mengalami perubahan hormon dalam dirinya, yang secara tidak langsung berpengaruh pada perubahan suasana hati dan bentuk fisik tubuhnya.

Mulai terasa mual, muntah pusing dan berat badan sang ibu juga pasti akan bertambah, seiring perkembangan janin yang dikandungnya. Namun, kenaikan berat badan pada ibu hamil perlu dipantau. kenaikan berat badan yang ideal pada ibu hamil sekitar 8-16 kg. Kenaikan berat badan pada kisaran angka itu akan terjadi hingga melahirkan.

“Awal kehamilan biasanya, bumil (ibu hamil) mual,muntah-muntah, pusing  dan kurang nafsu makan. Untuk mengetahui Janinnya pun masih sangat kecil, jadi penambahan pada BB (berat badan) ibu tidak banyak, peningkatan berat badan biasanya mulai terjadi ketika masa kehamilan menginjak usia 20 minggu,” ujar Susi Lasmawati A.M.d.Keb (37) Pegawai Puskesmas Kebun Beler  Kecamatan Ratu Agung  Jalan Cempaka 4 RT.5 No.26 Bengkulu, Kamis  (22/10).

Sementara, pada masa-masa awal kehamilan,   biasanya tidak ada kenaikan berat badan yang signifikan. Tetapi Ketika kehamilan memasuki usia 24 minggu, akan terjadi kenaikan berat badan yang berkelanjuta. Kenaikannya sekitar 200-400 gram setiap minggu. Artinya, dalam satu bulan kenaikan bobot tubuh ini antara 0,8-1,6 kg.

Akan tetapi, angka kenaikan berat badan ini tidak bisa disamaratakan pada setiap ibu hamil karena masing-masing memiliki kondisi yang berbeda-beda. Satu-satunya hal yang perlu diwaspadai terkait berat badan ibu hamil adalah ketika memasuki masa hamil tua atau trimester ke-3.

“Kenaikan bobot ibu yang tinggi saat kehamilan trimester 3 perlu diwaspadai terutama bila ada pembengkakan di kedua tungkai dan kenaikan tekanan darah. Bisa jadi ibunya kenaikan BB cukup besar, namun bayinya kecil. Artinya nutrisi dari ibu ke bayi tidak lancar, ini yang harus diwaspadai “, ujar  Susi Lasmawati.

Ia juga mengingatkan ibu hamil yang tidak mengalami kenaikan berat badan tinggi, tetapi berat badan bayi mengalami kenaikan signifikan. Kondisi ini dikhawatirkan akan menyulitkan saat persalinan. (Mg3)

 

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*