Tanamkan Peduli, Sampah Sejak Dini

APRIZAL/Bengkulu EkspressLomba mewarnai tingkat TK/PAUD meriahkanperingatan HPSN di Kabupaten Bengkulu Utara, kemarin (25/3).

DLH Gelar Lomba Mewarnai

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara (BU) melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggelar kegiatan lomba mewarnai tingkat TK/PAUD Kecamatan Arga Makmur, kemarin. Kegiatan yang berlangsung di lapangan Tugu Amanah Kota Arga Makmur ini dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN).

Kepala DLH Kabupaten Bengkulu Utara, Ir Alfian mengatakan kegiatan adalah rangkaian peringatan HPSN, guna meningkatkan kesadaran masyarakat, baik dari usia dini hingga orang dewasa yang tentunya untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Dari kegiatan ini kami ingin menanamkan, dari anak usia dini bagaimana agar tidak membuang sampah sembarangan, maka dari itu kami menggelar kegiatan ini,” kata Alfian.

Ia menambahkan, kegiatan ini diikuti oleh 25 TK/PAUD yang ada di Kecamatan Argam Makmur dan Kecamatan Arma Jaya yang berjumlah 100 orang. Alfian berharap, dari usia dini anak-anak ada perubahan karakter terhadap sampah dan bisa memanfaatkan sampah yang bisa diolah hingga bisa bermanfaat, sehingga mereka juga bisa mengingatkan kepada guru, murid dan orang tua, bahwa pembuangan sampah tidak bisa sembarangan.



“Kita berharap ada perubahan karakter sejak usia dini kepada anak-anak kita, sehingga mereka bisa tahu mengolah sampah secara baik atau membuang sampah pada tempatnya,” harapnya.

Sementara itu, Ny Junita Haryadi mewakili Bunda PAUD Kabupaten Bengkulu Utara mengatakan, dengan adanya kegiatan ini, diharapkan anak-anak usia dini ini sudah tertanam konsep peduli sampah, sehinga apabila konsep ini sudah tertanam dan melekat dari usia dini, mudah-mudahan kedepannya hingga dewasa nanti mereka sudah peduli terhadap sampah. “Kami harap konsep yang sudah ditanam dari usia dini ini akan berguna bagi anak-anak kita saat mereka dewasa nanti tenyang peduli terhadap sampah,” tukasnya.(127)