Tanamkan Jiwa Wirausaha Mahasiswa

PR III Unived Mesterjon (3)Mengubah paradigma dunia kerja memang sulit, terlebih menumbuhkan jiwa wirausaha. Sebab mayoritas masyarakat masih terpacu menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) ataupun mengemis pekerjaan dengan orang lain. Padahal banyak yang bisa dilakukan setelah mengeyam pendidikan dibangku kuliah. Salah satunya membuka usaha sendiri (berwirausaha). Hal inilah yang sedang dilakukan oleh  Pembantu Rektor III bidang Kemahasiswaan  Mesterjon, bagaimana ia menanamkan jiwa kewirausahan pada mahasisnya.

Simak laporannya

=======================

Airullah Syekhdi,

Kota Bengkulu
=======================

Mesterjon, S.Kom, M.Kom itulah nama lengkapnya. Pria kelahiran Ujung Karang 10 Desember 1981, yang saat ini menjabat sebagai  Pembantu Rektor III Universitas Dehasen Bengkulu (Unived). Menurutnya pola pikir bagaimana membuka lapangan kerja, atau paling tidak untuk diri sendri setelah tamat kuliah yang belum menjadi tantangan apalagi kebiasaan dikalangan mahasiswa saat ini.
“Saya lebih memfasilitasi layanan semua mahasiswa dalam mencapai peningkatan  intelektualitas kemandirian dan jiwa mahasiswa, terutama dibidang kewirausahaan,”ungkap Mesterjon ditemui BE di ruang kerjanya kemarin.
Untuk itu, Mesterjon sedang berupaya membiasakan atau menanamkan jiwa kewirausahaan dikalangan mahasiswa. Menurutnya, wirausaha harus menjadi proyeksi kedepan bagi stakeholder perguruan tinggi, khususnya di Unived ini.
“Sebagai mahasiswa itu kita harus serba bisa. Karena nantinya setelah lulus dari kuliah kita mampu bersaing di dunia kerja,”ungkapnya.
Ia menuturkan banyak cara yang bisa dilakukan untuk menamkan jiwa wirausaha kepada mahasiswa. Salah satunya dengan metode pembelajaran ilmu kewirausahaan dan dorongan dari dosen saat menyampaikan materi pelajaran baik teori maupun praktek.
“Jiwa kewirausahan tidak dimiliki oleh semua orang. Karena itu kita sebagai dosen harus berupaya menamkan jiwa kewirausahaan saat ini. Paling tidak saat tamat nanti tidak binggung lagi mencari pekerjaan,”ujarnya.
Kalau sekarang bercita-cita tamat kuliah ingin jadi PNS, ganti dengan berwirausaha. Karena kuota penerimaan PNS itu terbatas dan tidak semua orang bisa dierima. Jadi bisa membuka usaha.
Selain itu juga, membuka usaha sendiri sejak masih kuliah sangatlah bagus. Karena selain dapat mempersiapkan kehidupan setelah kuliah juga dapat membuka lapangan kerja bagi orang lain.
“Kalau kita buka usaha, berarti kita sudah menciptakan lapangan kerja dan menurunkan tingkat pengangguran di Indonesia ini. Untuk mahasiswa kita memang ada belajar sambil berwirausaha,”jelasnya.(**)